Mengenal User Experience: Pengertian, Kegunaan, dan Contohnya

You are currently viewing Mengenal User Experience: Pengertian, Kegunaan, dan Contohnya

Bagaimana perasaanmu jika kamu membuka sebuah website atau aplikasi yang memiliki desain cantik? Ringan dan tidak lemot? Apa kamu ingin membukanya kembali?

Nah hal-hal yang menjadi jawaban diatas disebut User Experience (UX) atau Pengalaman Pengguna. Di mana tujuan pembuatan website atau aplikasi dengan desain yang keren untuk membuat user experience yang baik.

Memangnya, seberapa penting sih UX dalam dunia digital? Dan sebenarnya apa arti dari UX design itu?

Apa itu User Experience (UX)?

User Experience atau Pengalaman Pengguna adalah hasil interaksi dari setiap user yang telah mengunjungi atau menggunakan website atau aplikasi.

UX fokus pada pengalaman penggunanya termasuk persepsi, emosi, dan respons terhadap web atau aplikasi itu sendiri.User experience juga didefinisikan menjadi tiga kriteria, yaitu: mudah digunakan, aksesibilitas, dan tentunya nyaman digunakan.

Salah satu ahli, Peter Morville, merepresentasikan faktor-faktor yang mempengaruhi UX dengan User Experience Honeycomb.

Ia mengatakan bahwa untuk menciptakan UX design yang baik adalah dengan melihat dari tujuh hal di atas.

Salah satu poin penting yang ia sampaikan mengenai accessible yang mana sebuah aplikasi atau web harus dapat diakses oleh semua orang tanpa pandang bulu.

Misalnya, kaum difabel harus dapat mengakses aplikasi atau web dan harus mendapatkan UX yang sama dengan user lainnya.

User experience bukanlah sekadar review atau angka rating, tetapi lebih ke pengalaman personal dengan sentuhan emosi dari tiap penggunanya.

Mengapa User Experience Penting untuk Digital Marketing??

Pembuatan desain user interface (UI) memiliki tujuan untuk menghasilkan UX yang baik. Dengan UX yang baik akan menghasilkan review, rating, ataupun traffic yang meningkat untuk web atau aplikasi.

Oleh karena itu, UI dan UX kerap menjadi dua sisi yang tak dapat dipisahkan.

Lalu, sepenting apakah UX untuk para user dan designer-nya?

  1. Loyalitas Pelanggan

Sesuai yang sudah dijabarkan, user experience yang baik akan menghasilkan user yang bahagia. Mereka tak segan-segan untuk menggunakannya kembali ataupun mempromosikan kepada teman-temannya.

User yang puas pun dapat menjadi loyal dan tetap akan bertahan menggunakan aplikasi yang mereka senangi. Dengan begitu, awareness dari brand pun akan terus naik.

  1. Investasi

Tak dapat dipungkiri jika membuat web atau aplikasi membutuhkan uang, waktu, dan tenaga yang banyak. Pembuatan website, aplikasi, e-commerce, dan marketplace pun pastinya akan dimonetitasi.

Semakin baik UX-nya semakin naik pula traffic-nya. Dengan begitu, modal yang dikeluarkan dalam pembuatan pun akan kembali dan malah bisa menjadi untung.

Maka dari itu, maintenance pun harus sering dilakukan demi memperbaiki kualitas user experience.

  1. Membuat Upaya Pemasaran Lebih Efektif

User experience melibatkan keefektifan elemen dari gabungan dari aktivitas digital kamu, mencakup konten, kegunaan halaman, media sosial dan desain visual dan interaksi. User Experience yang bagus sering kali menghasilkan pembelian. 

User Experience yang positif untuk prospek dan pelanggan yang pada akhirnya membangun hubungan yang lebih dalam pada akhirnya membuat seluruh proses pemasaran lebih mudah dan lebih cepat.

Contoh lainnya adalah e-commerce. Jika dalam sehari aplikasi sangat efisien digunakan tanpa harus melewati fase lambat dan down, penjualan pastinya akan terus naik secara cepat.

  1. Tingkatkan Kepuasaan Pelanggan

Ketika calon pengunjung berinteraksi dengan kamu melalui konten situs web kamu atau melalui komunikasi seperti melalui email atau media sosial, kesan dibuat. Kesan itu menggerakkan pelanggan untuk pergi atau tinggal. Sering kali apakah dia menemukan apa yang dicari atau apa yang bermanfaat baginya.

Kesan positif dapat mengarah pada kunjungan lanjutan yang dapat menyebabkan pembelian atau panggilan tergantung pada ajakan untuk bertindak. Prospek yang berubah menjadi pelanggan dari pembelian produk atau layanan kamu yang sebenarnya adalah tanda paling jelas dari kepuasan pelanggan kamu. 

Contoh Desain User Experience (UX)

Salah satu kasusnya adalah contoh diatas. User Experience yang bagus akan memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menjangkau fitur-fitur yang tersedia, menu-menu yang tersedia hanya berisi informasi yang penting dan tidak terlalu banyak iklan didalamnya. 

Salah satu contoh lainnya adalah User experience (UX) yang dimiliki oleh Gojek.

Gojek memiliki User experience yang tepat kebutuhan. Bahkan orang awan yang belum mengenal sistem pengoperasiannya akan dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Fitur dalam aplikasi gojek ini juga memiliki fungsi yang maksimal. 

Dari contoh yang sudah dijabarkan diatas, User experience (UX) sangat penting dalam pembuatan sistem baik itu aplikasi android atau ios maupun website, karena semua aplikasi bertujuan untuk digunakan, maka jika kita membuat aplikasi yang tidak useable maka apalagi gunanya??

Nah, gimana? Sekarang sudah ada gambaran kan bagaimana makeup website kamu agar lebih menarik. Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sumber belajar untuk bisa memulai bisnis online kalian. Jika kalian ada kritik maupun saran jangan sungkan untuk isi kolom komentar atau langsung dm instagram Digitumo di @digitumo.id . Bye! Sampai jumpa di topik selanjutnya.

Leave a Reply