fbpx
usaha online yang menjanjikan

10 Rekomendasi Peluang Usaha Online yang Menjanjikan

Menghasilkan uang lewat internet sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Seseorang bisa menjadi kaya hanya dengan duduk manis di kamar sambil mengelola usaha secara online. Pastinya kamu juga mau, kan?

Pada artikel ini, kamu akan mendapatkan 10 rekomendasi peluang usaha online yang menjanjikan dan menguntungkan. Mulai dari dropshipping, layanan jasa, hingga jadi content creator. Yuk, simak selengkapnya!

10 Peluang Usaha Online yang Menjanjikan

  1. Membuat Toko Online
  2. Dropshipping
  3. Agensi Social Media
  4. Jasa Desain Grafis
  5. Jasa Edit Video
  6. Jasa Copywriter
  7. Kursus Online
  8. Jualan Produk Digital
  9. Membangun Website Blog
  10. Content Creator

Membuat Toko Online

Berjualan secara online sudah tidak sesulit dulu lagi loh, guys! Kalau sebelumnya kamu harus membuat website jualan sendiri dan mempromosikannya, sekarang kamu gak perlu repot-repot lagi membangun semuanya dari awal.

Ada banyak marketplace besar yang menyediakan tempat berjualan secara online. Contohnya seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, dan OLX. Ada juga platform pembuatan toko online praktis seperti Tokotalk dan Shopify. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan penawaran yang pastinya akan membantu kamu dalam membangun toko online.

Sayangnya, berjualan di toko online seperti marketplace tidaklah mudah. Hal ini karena ada jutaan penjual online lainnya yang saling bersaing dengan produk yang kurang lebih sama. Terus, bagaimana caranya agar produk daganganmu bisa laris di toko online?

Source: Shopee (Feeyza Frozen Food)

Agar toko online kamu bisa sukses, kamu harus menerapkan strategi khusus yang membuat toko online kamu menonjol dibandingkan dengan toko online lainnya. Berikut beberapa tips agar toko online kamu bisa stand out:

  • Bangun brand toko di social media agar pembeli loyal dengan toko online-mu.
  • Rajin mengikuti program promosi yang diadakan marketplace.
  • Desain foto produk dibuat mencolok dan berbeda.
  • Jangan jadi toserba (toko serba ada), tapi fokuslah pada kategori produk spesifik dan jadilah pemenang pasar pada kategori tersebut.

Dropshipping

Dropshipping adalah model bisnis di mana kamu bekerja sama dengan supplier untuk menjual produk mereka tanpa harus membeli dan menyetok barang terlebih dahulu. Penghasilan dropshipper berasal dari selisih harga yang dibayarkan oleh pembeli dan harga yang ditetapkan oleh supplier.

Tidak seperti reseller, kamu tak perlu membeli dan menyimpan barang jualan. Jadi, tidak perlu repot menyiapkan modal dan membuat gudang sendiri. Lalu, bagaimana sistemnya?

Kamu cukup bekerja sama dengan supplier, lalu memasarkan produk mereka. Bisa melalui website, media sosial dan lainnya. Biasanya, supplier akan menyediakan foto produk untuk membantumu mempromosikan produk.

Pada saat pembeli menginginkan suatu barang, kamu akan menerima uang dari pembeli yang mencakup harga barang dan selisih harga untuk keuntunganmu. Lalu, kamu tinggal membayarkan uang tersebut kepada supplier sesuai harga barang dan meminta supplier untuk mengirim barang tersebut kepada pembeli.

sistem dropship
Source: ResellerDropship.com

Bingung di mana kamu bisa mendapatkan supplier yang menerima kerja sama model bisnis dropship? Nih, beberapa rekomendasi supplier yang menyediakan berbagai macam jenis produk mulai dari makanan, fashion, hingga gadget.

Agensi Social Media

Social media bukan lagi hanya digunakan sebagai tempat berbagi foto dan status personal saja, saat ini ia sudah menjadi media yang sangat efektif untuk mengembangkan brand bisnis.

Namun masih banyak pelaku usaha yang tidak tahu caranya mengelola social media denga baik, atau tidak punya waktu untuk memikirikan konten apa yang akan di upload. Peluang ini membuat bisnis agensi social media mulai menjamur. Bisnis ini menyediakan layanan pengelolaan social media mulai dari pembuatan konten, berinteraksi dengan audiens, hingga pembuatan laporan kinerja.

Kalau kamu suka membuat konten, aktif bersosial media, dan up-to-date dengan perkembangan trend terkini, model bisnis ini sangat cocok untuk kamu. Keuntungan yang bisa didapat dari jasa kelola social media ini gak sedikit, lho. Kamu bahkan bisa meraup profit jutaan setiap bulannya hanya dari satu klien saja!

Dalam bisnis jasa, yang terpenting adalah kepercayaan. Bangun akun social media-mu sendiri terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai portfolio agar calon klien bisa melihat bagaimana hasil kerjamu. Jalin hubungan yang harmonis dengan klien yang sudah kamu handdle agar mereka bisa menggunakan jasamu untuk waktu yang lama.

Tips membangun agensi social media:

  • Harus punya portfolio. Kalau belum punya, kamu bisa mulai dari akun sendiri.
  • Jangan bekerja sendiri, bangunlah tim agar bisa memegang banyak klien dan hasil maksimal.
  • Lakukan riset kompetitor untuk membuat ratecard (file berisi biaya jasa dan benefit yang didapat klien).
  • Setelah project klien dijalankan, jangan lupa untuk membuat report sebagai evaluasi project.

Jasa Desain Grafis

Keahlian desain grafis sangat diperlukan oleh dunia bisnis. Banyak aspek bisnis yang memerlukan desain, utamanya untuk tujuan marketing. Contohnya, desain logo, desain kemasan produk, desain brosur, dan lainnya.

Membuka jasa desain grafis bisa menjadi peluang usaha online yang sangat menjanjikan khususnya bagi kamu yang memiliki skill desain grafis. Apalagi saat ini ada banyak platform yang memudahkan para graphic designer untuk mendapatkan klien. Bagi kamu yang ingin berbisnis dibidang jasa desain grafis, ada dua jenis platform yang perlu kamu ketahui, yaitu crowdsourcing dan freelance marketplace.

Crowdsourcing adalah website yang menghubungkan graphic designer dan klien yang membutuhkan desain lewat sistem kontes. Jadi, klien dapat membuat sayembara untuk membuat desain dan para desainer akan membuat desain sesuai briefs yang diberikan. Desain yang dipilih oleh klien akan menjadi pemenangnya dan mendapat bayaran.

website crowdsourcing desain grafis
Source: Sribu.com

Di Indonesia, ada Sribu.com yang menjadi salah satu crowdsourcing website terbesar. Jika ingin menjajal pasar luar negeri, 99designs bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Sedangkan freelance marketplace memiliki sistem yang serupa dengan marketplace pada umumnya. Akan ada banyak penyedia jasa termasuk desain grafis dan klien akan memilih penyedia jasa mana yang akan dia gunakan. Berikut adalah daftar website freelance marketplace yang bisa kamu gunakan untuk mencari klien:

Jasa Edit Video

Semakin ramainya bisnis yang menggunakan Youtube dan social media membuat permintaan akan jasa edit video semakin meningkat. Apalagi, konten dengan format video merupakan jenis konten favorit yang mampu mendatangkan banyak audiens dan interaksi. Oleh karena itu, jasa edit video bisa jadi peluang usaha online untuk kamu yang punya skill dibidang videografi.

Sama halnya seperti bisnis jasa lainnya, kamu memerlukan portfolio yang bisa kamu pamerkan sebagai bukti hasil kerjamu. Youtube bisa menjadi media sempurna untuk memamerkan karya-karyamu.

Selain sebagai sarana memperlihatkan portfolio, keuntungan yang bisa kamu dapat dari memanfaatkan social media adalah kamu bisa mendapatkan exposure dan branding sehingga semakin banyak orang yang mengenalimu dan keahlian yang kamu miliki.

Jasa Copywriting

Menulis itu mudah, tetapi menulis tulisan yang enak dibaca dan mampu memengaruhi orang lain itu yang sulit. Jika kamu punya kemampuan seperti ini, jasa copywriting sangat cocok untuk kamu eksekusi sebagai peluang usaha online yang menjanjikan.

Copywriter adalah orang yang membuat copy atau tulisan yang menjual. Copywriting sendiri bertujuan untuk membangun kesadaran calon pembeli terhadap suatu produk atau bisnis melalui tulisan.

Peluang jasa copywriting cukup luas dan menjanjikan, lho. Kamu bisa menyediakan jasa untuk bisnis yang ingin menjalankan iklan online atau ingin membuat materi promosi di landing page.

Untuk memulai bisnis jasa sebagai seorang copywriter, kamu hanya cukup bermodalkan kemampuan menulis. Sedangkan untuk memasarkannya, kamu bisa menggunakan sosial media, situs freelance, atau membuat website sendiri. Beberapa contoh jasa copywriting yang ada di Indonesia adalah Indonesian Writer dan Whello.

Baca Juga: Tips Menjual Lewat Tulisan dengan Copywriting

Kursus Online

Kamu punya keahlian khusus atau latar pendidikan tertentu yang banyak diminati orang? Ini bisa jadi peluang untuk buka kursus online, lho!

Saat ini, kursus online sedang menjamur. Kamu tidak perlu lagi sekolah tata boga untuk pintar memasak, tidak perlu kuliah jurusan komputer untuk jago coding, atau masuk les musik mahal untuk bisa main gitar. Hampir segala macam keahlian bisa kamu pelajari secara online.

kursus online
Source: Udemy.com

Secara teknis, kursus online terbagi menjadi dua yaitu live streaming atau video recording.

  • Kursus live streaming: kursus dilakukan secara langsung sehingga kamu bisa berinteraksi dengan para siswa. Kelebihannya, proses pembelajaran bisa lebih intens. Namun, jumlah siswa yang diajar terbatas dan cukup banyak waktu yang terpakai untuk mengajar.
  • Kursus video recording: kursus ini dilakukan tidak secara langsung, artinya kamu akan membuat video pembelajaran dulu diawal dan siswa akan menontonnya nanti. Kamu bisa menjalankan kursus tanpa harus mengajar secara langsung serta jumlah siswa yang diajar pun bisa sangat banyak.

Nah, kalau kamu tertarik membuka kursus online maka kamu harus membangun personal branding. Hal ini penting agar namamu bisa dikenal banyak orang dan mereka percaya bahwa kamu adalah ahli dibidang tersebut. Kamu bisa mulai membangun personal branding dengan menggunakan social media untuk menyebarkan konten-konten yang bisa menunjukkan keahlianmu.

Baca Juga: Membangun Personal Branding dalam Berbisnis

Jualan Produk Digital

Apa itu produk digital? Produk digital adalah produk yang tidak memiliki wujud fisik, namun bisa kita lihat atau rasakan manfaatnya secara digital. Contoh dari produk digital adalah video, foto, desain ilustrasi, e-book, aplikasi, musik, rekaman audio, dan sebagainya.

Memangnya, sebesar apa sih peluang dari produk digital untuk jadi usaha online?

Kamu bisa menjual produk darimana saja secara online dan tidak perlu mengirimkan produk secara fisik. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan jumlah stok karena produk digital sifatnya unlimited. Modal produksi pun tidak sebesar produk fisik yang memerlukan biaya tempat, peralatan, dan sebagainya.

Meskipun begitu, ada beberapa kekurangan dari jualan produk digital seperti ide yang mudah ditiru, butuh waktu dan usaha untuk membuat produk, dan persaingannya yang cukup kompetitif. Oleh karena itu, produk digital sangat bergantung pada keterampilan dan kreativitas dari pembuatnya.

Beberapa tips untuk kamu yang ingin membuat dan menjual produk digital sebagai usaha online:

  • Ketahui masalah target konsumen sebelum membuat produk digital.
  • Temukan diferensiasi produk agar produkmu memenangkan pasar.
  • Manfaatkan berbagai online channel untuk memasarkan produk.

Membangun Website Blog

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan blog, bukan? Media online ini sudah cukup lama dimanfaatkan orang-orang untuk menulis artikel yang menarik dan mendatangkan banyak traffic untuk website

Ketika memiliki blog, kamu perlu menulis konten yang bermanfaat bagi pembaca sehingga pengunjung akan datang ke blog kamu untuk mendapatkan informasi berkualitas yang mereka perlukan.

Semakin banyak pengunjung datang, semakin besar penghasilan yang akan kamu dapatkan. Kamu mungkin bertanya, “Memangnya darimana sumber penghasilan blog?”. Tentunya dari banyak sumber.

Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan dengan bergabung ke platform Google Adsense, menjadi affiliator dari sebuah brand, atau menjual produkmu sendiri di blog. Selain itu, jika blog-mu sudah punya banyak traffic maka akan ada penawaran kerjasama dari bisnis lain untuk menulis sponsored post.

Jadi Content Creator

Kamu masih menganggap YouTube sekedar sarana hiburan? Pikirkan lagi. Kenyataannya, menjadi content creator di YouTube dan social media lainnya bisa jadi peluang usaha online yang sangat menjanjikan. Bahkan, seorang content creator bisa mendapatkan uang hingga puluhan juta rupiah per bulan. Bagaimana caranya?

Buatlah konten secara konsisten yang dapat memberikan solusi, menambah wawasan baru, atau menghibur. Jangan berharap kamu akan mendapatkan keuntungan diawal, bangun dulu audiensmu dan jika sudah cukup besar maka kamu baru bisa mulai memetik hasilnya

Sumber penghasilan seorang content creator bisa beragam. Mulai dari endorse, sponsor, konten iklan, afiliasi, ataupun jualan produk kamu sendiri.

Penutup

Nah, bagaimana? Sekarang sudah ada gambaran kan ide-ide dan peluang usaha online menjanjikan yang bisa kamu coba. Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sumber ide dan inspirasi untuk kamu bisa segera memulai bisnis online. Jika kalian ada kritik maupun saran jangan sungkan untuk isi kolom komentar atau langsung dm instagram Digitumo di @digitumo.id. Bye! Sampai jumpa di topik selanjutnya.