fbpx
tools digital marketing

Kuasai 9+ Tools Digital Marketing Ini Untuk Jadi Digital Marketer Handal!

Sebagai seorang digital marketer, kamu tentu akan melakukan berbagai macam aktivitas yang berkaitan dengan digital marketing seperti berinteraksi di media sosial, memantau dan menganalisis perkembangan website, atau mengirim email promosi ke prospek pembeli. Semua aktivitas tersebut pasti membutuhkan bantuan dari tools digital marketing!

Pasti akan melelahkan jika aktivitas digital marketing bisnismu dilakukan secara manual, bahkan tidak mungkin kamu lakukan tanpa adanya bantuan dari tools digital marketing. Contohnya seperti mengukur jumlah pengunjung website, apa kamu tahu cara menghitungnya secara manual?

Oleh karena itu, penting bagi seorang digital marketer untuk menguasai bermacam tools digital marketing. Berikut 9+ tools untuk digital marketing yang bisa kamu gunakan agar proses pemasaranmu semakin efektif dan efisien!

Daftar Tools Digital Marketing yang Penting Dikuasai!

  1. Google Analytic
  2. Google Search Console
  3. Ubersuggest
  4. Ahrefs
  5. Google Ad
  6. Facebook Business Manager
  7. Facebook Creator Studio
  8. Hootsuite
  9. Mailchimp
  10. Canva

Google Analytics

Apabila bisnismu memiliki website maka kamu tentu sudah terbiasa membuat konten, mendesain tampilan, atau memantau perkembangan website atau blog. Ketika mengukur keberhasilan website maka salah satu hal penting yang akan kamu ukur adalah kunjungan (traffic) dan konversi pengunjung.

Nah, salah satu alat yang dapat membantumu mendapatkan data tersebut ialah Google Analytics. Website ini merupakan tools yang disediakan secara resmi oleh Google bagi para pengelola website untuk bisa mendapatkan data apapun yang dibutuhkan dari website dan menganalisisnya.

Beberapa hal yang bisa kamu ketahui dari Google Analytic adalah profil audiens seperti kota dan device yang digunakan, darimana sumber traffic website terbanyak, halaman apa yang paling sering dilihat, dan sebagainya. Tentunya kamu bisa menggunakan Google Analitic secara gratis!

Diawal kamu pasti akan kebingungan dengan tampilannya karena memang dibutuhkan keterampilan untuk bisa mengoperasikan Google Analytic. Kamu bisa belajar secara online cara menggunakan Google Analytic dengan mengikuti kursus Google Analytics Academy. Kursus online tersebut diselenggarakan oleh Google yang ditujukan untuk pemula, menengah, dan yang sudah menjadi spesialis dalam mengoperasikan Google Analytic.

Fitur unggulan Google Analytics:

  • Mendapatkan data pengunjung secara real time.
  • Mengetahui profil audiens seperti pengunjung lama/baru, asal negara/kota, dan device yang digunakan.
  • Mengetahui halaman paling banyak dilihat, kategori konten paling populer, dan halaman pertama/terakhir dikunjungi pengunjung.
  • Sumber traffic yang paling banyak mendatangkan pengunjung website.
  • Mendapatkan data terkait goals dan conversion pada website.
  • Gratis disediakan oleh Google untuk para pengelola website.

Baca Juga: Apa itu Google Analytics? Pengertian, Fungsi, dan Fiturnya

Google Search Console

Satu lagi nih tool dari Google yang wajib untuk dikuasai oleh digital marketer khususnya dibidang SEO atau search engine optimization yaitu Google Search Console. Google Search Console adalah tool yang ditawarkan oleh Google untuk membantu kamu dalam memonitor, menjaga dan menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan keberadaan situs di hasil mesin pencarian Google.

Berbeda dengan Google Analytic yang berfokus pada pengumpulan data dan menyajian informasi website secara umum, Google Search Console berfokus pada pengukuran performa organic traffic melalui visibilitas website di hasil mesin pencari Google.

Adapun fitur yang ditawarkan adalah melihat data organic traffic dan posisi di hasil mesin pencari untuk setiap halaman dan keyword. Tool ini juga akan memberitahu kamu jika Google menemukan masalah dalam pengindeksan, kecepatan website, tampilan mobile, atau masalah lainnya di dalam website.

Fitur unggulan Google Search Console:

  • Melihat metriks seperti jumlah click, impression, average CTR, dan average position.
  • Mengetahui keyword paling populer digunakan untuk menemukan website kita.
  • Memastikan setiap halaman website sudah terindeks oleh Google.
  • Monitor permasalahan terkait page experience, performa website dan tampilan mobile.
  • Data terkait goals dan conversion.
  • Gratis disediakan oleh Google untuk para pengelola website.

Ubersuggest

Sejak dahulu, search engine optimization (SEO) sudah menjadi aktivitas digital marketing yang banyak digunakan oleh berbagai macam jenis bisnis online. Tugas utamanya adalah melakukan optimasi website agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencari Google sekaligus menaikkan brand awareness. 

Untuk bisa menjalankan strategi SEO yang tepat maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari keyword, yaitu kata kunci yang digunakan pengguna Google untuk mencari sesuatu. Diperlukan tool yang tepat agar bisa mendapatkan keyword yang terbaik. Ada tool yang gratis dan ada juga yang berbayar. Namun jika kamu ingin menggunakan tool pencari keyword gratis, maka Ubersuggest adalah jawabannya.

Ubersuggest merupakan tool yang berfokus pada pencarian keyword. Kamu bisa mencari ide keyword, melihat data terkait keyword tersebut, meriset keyword yang digunakan oleh kompetitor, hingga mendapatkan ide konten berdasarkan keyword tertentu. Ubersuggest juga menyediakan fitur lain seperti rank tracking, audit website, dan riset backlink.

Fitur unggulan Ubersuggest:

  • Melihat data keyword seperti banyaknya jumlah pencarian (volume), tingkat kesulitan mendapat rank (search difficulty), dan trend pencarian di Google.
  • Mendapatan ide keyword (related keyword, suggestion keyword, dan question keyword).
  • Mengetahui keyword yang digunakan oleh kompetitor.
  • Mencari ide konten yang populer di mesin pencari berdasarkan keyword tertentu.
  • Tools lain seperti audit website, rank tracking, riset backlink, dan traffic overview.
  • Tool dapat digunakan secara gratis namun terbatas jumlah penggunaannya.

Ahrefs

Sebagai seorang digital marketer yang spesialis dalam hal SEO, kamu memerlukan sebuah tool dengan fitur all-in-one untuk memudahkan aktivitasmu dalam mengelola dan meningkatkan performa website di mesin pencari. Ahrefs adalah salah satu digital marketing tool yang menyediakan kemudahan tersebut.

Lewat Ahrefs kamu bisa mengelola berbagai macam kebutuhan yang berhubungan dengan SEO seperti riset kata kunci, membangun dan menganalisis backlink, mengetahui dan memonitor ranking dari website, dan melakukan audit website.

Melalui Ahrefs kamu juga bisa mempelajari website kompetitor seperti sumber traffic mereka, peringkat website mereka, hingga darimana kompetitor mendapatkan backlink. Gunakan juga fitur content explorer untuk melihat jenis konten atau artikel populer dengan performa paling bagus pada berbagai topik di internet .

Fitur unggulan Ahrefs:

  • Mendapatkan ide keyword beserta data analisisnya.
  • Membangun dan menganalisis backlink.
  • Melihat dan memantau ranking halaman website.
  • Melakukn audit kesehatan website.
  • Melakukan riset kopetitor.
  • Mendapatkan ide konten untuk berbagai topik dari artikel populer di mesin pencarian.
  • Sebagian fitur dapat digunakan secara gratis.

Google Ad

Bagi pebisnis online maupun profesional digital marketing, pertumbuhan konsumen dan penjualan merupakan tujuan utama dari dilakukannya aktivitas digital marketing. Oleh karena itu, Search Engine Marketing (SEM) digunakan untuk bisa memenangkan persaingan penjualan khususnya di mesin pencarian.

Google Ad, sebagai penyedia iklan online mesin pencari paling populer di dunia, memungkinkan pengiklan membayar Google untuk menampilkan iklan penawarannya pada hasil pencarian kata kunci (keywords) tertentu yang sesuai bisnis atau produkmu. Dengan beriklan di Google Ad, website kamu bisa muncul pada hasil paling atas dari pencarian Google dan mendapatkan traffic atau penjualan tanpa waktu lama. 

Tidak hanya itu, ada juga beberapa produk iklan lainnya seperti Google Display Network, Shopping, dan Video. Kamu juga bisa belajar secara mandiri segala hal tentang Google Ad melalui laman Google Ads Help.

Fitur unggulan Google Ad:

  • Memasang iklan di halaman hasil pencarian Google (search ad).
  • Memasang iklan dalam bentuk banner di website-website yang bekerja sama dengan Google (display ad).
  • Memasang iklan dalam bentuk video di Youtube.
  • Memasang iklan di halaman shopping pada hasil pencarian Google.

Facebook Business Manager

Tak kalah penting dengan iklan di mesin pencari seperti Google Ad, social media juga harus menjadi perhatian utama bagi pebisnis online atau digital marketer. Karena itulah, digital marketing tools untuk beriklan di social media juga penting untuk kamu kuasai.

Salah satu social media yang paling populer digunakan untuk beriklan adalah Facebook Business Manager. Dengan tools ini, kamu bisa beriklan dengan beragam tujuan serta dapat membidik pemirsa (audience) di Facebook yang sesuai dengan kriteria target pasar bisnismu. Penargetan pemirsa dapat dipilih berdasarkan demografis, lokasi, minat (interest), dan perilaku (behaviours).

Tidak hanya untuk media sosial Facebook saja, Facebook Business Manager juga memungkinkan kita untuk beriklan dengan beragam platform yang berada di bawah naungan perusahaan Meta seperti Instagram, WhatsApp, dan Facebook Display Network.

Fitur unggulan Facebook Business Manager:

  • Membuat iklan berdasarkan goals yang beragam (branding/jangkuan, interaksi audiens, penjualan, dll).
  • Menentukan audiens iklan secara spesifik (lokasi, usia, minat, kebiasaan, profesi, dll).
  • Pengaturan aspek kreatif pada iklan yang dinamis.
  • Otomatisasi penggunaan budget untuk iklan dengan performa terbaik sehingga hasil lebih efektif.
  • Laporan data hasil beriklan untuk dianalisis.

Baca Juga: Panduan Instagram Ads untuk Pemula, Pengertian, Cara Pasang, Hingga Biaya Iklan

Facebook Creator Studio

Sudah menjadi kewajiban bagi bisnis di zaman sekarang untuk memiliki akun social media, minimal Facebook atau Instagram. Bukan cuman kafe atau fashion brand saja, pedagang kaki lima sampai toko mebel pun juga bisa loh kamu jumpai di social media. Sampai-sampai ada anggapan bisnis yang gak punya social media itu katrok dan ketinggalan zaman banget!

Sebagai perusahaan social media yang sudah lama berdiri dan memiliki jumlah pengguna terbesar, Facebook atau Meta menawarkan kemudahan bagi para penggunanya terkhusus yang memiliki akun bisnis untuk bisa mengelola akunnya secara mudah melalui Facebook Creator Studio. Kamu akan mendapatkan beragam fitur yang mempermudah pengelolaan akun bisnis di Facebook dan Instagram.

Contohnya seperti penjadwalan postingan sehingga kamu bisa menjadwalkan postingan konten bahkan untuk sebulan kedepan. Kamu juga bisa memposting konten secara bersamaan di Facebook dan Instagram. Selain itu, ada juga fitur untuk melihat data analisis seperti jangkauan, interaksi dan audiens yang bisa dilihat melalui tool ini.

Fitur unggulan Facebook Creator Studio:

  • Penjadwalan dan posting konten secara otomatis (tidak bisa untuk story dan reels).
  • Integrasi akun Instagram dengan akun Facebook.
  • Kelola akun dalam jumlah banyak jadi lebih mudah dengan dashboard dari Creator Studio.
  • Penyajian data analisis akun Facebook dan instagram.
  • Tool dapat digunakan secara gratis.

Hootsuite

Serupa dengan Facebook Creator Studio, Hootsuite merupakan tool pihak ketiga yang memudahkan kamu untuk bisa mengelola akun social media. Kelebihan dari tool ini tentu saja tidak terbatas hanya untuk Facebook dan Instagram saja, tapi kamu juga bisa mengelola akun social media lainnya seperti Youtube, Twitter, dan LinkedIn.

Dengan beberapa akun di social media yang berbeda, tentu kamu membutuhkan platform manajemen social media terpusat sehingga tidak perlu mengelola setiap akun pada platform yang berbeda-beda. Dengan Hootsuite, kamu bisa mengelola semua channel tersebut dalam satu platform saja.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Hootsuite hampir sama seperti Facebook Creator Studio, yaitu meliputi penjadwalan postingan konten, data analisis performa untuk setiap akun dan social media yang digunakan, dan yang spesial adalah dashboard untuk mengelola beragam akun dan social media berbeda dengan layout yang bisa di-costumize.

Fitur unggulan Hootsuite:

  • Penjadwalan dan posting konten secara otomatis.
  • Kelola sejumlah akun dari berbagai social media dari satu dashboard.
  • Dashboard untuk kelola akun yang dapat di-costumize sesuai kebutuhan.
  • Terintegrasi dengan banyak social media (Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn).
  • Penyajian data analisis akun untuk semua social media.
  • Penggunaannya gratis untuk 30 hari pertama.

Baca Juga: Social Media Analytics, Apa Saja Metrics, KPI, dan Cara Analisisnya?

Mailchimp

Bisnismu bergerak dibidang jasa atau business-to business? Pasti kamu butuh tool yang dapat membantu mengirimkan email kepada prospek pembeli karena akan melelahkan jika email dikirim satu persatu secara manual, iya kan?

Nah, digital marketing tools yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Mailchimp merupakan tools email marketing yang paling banyak digunakan digital marketer. Melalui email marketing tool ini, kamu bisa mengirim ratusan hingga ribuan email secara otomatis bahkan tanpa biaya atau gratis. Email yang kamu kirim bisa dibuat menarik melalui Mailchimp dengan fitur template costumization.

Mailchimp juga membantumu untuk menyimpan dan mengelola data email konsumen dalam satu platform serta melihat data terkait email campaign yang sudah dikirimkan ke prospek seperti data email terkirim, data email dibaca, dan data klik link pada email.

Fitur unggulan Mailchimp:

  • Tersedia berbagai pilihan jenis campaign (landing page, postcard, signup form, dll).
  • Kirim email secara otomatis untuk berbagai kebutuhan seperti ucapan selamat datang bagi pelanggan baru, pengingat pembelian, rekomendasi produk, dan sebagainya.
  • Membagi subscriber atau daftar kontak konsumen berdasarkan kelompok tertentu seperti minat, produk, dan sebagainya.
  • Terintegrasi dengan berbagai aplikasi dan tools.
  • Gratis untuk 2.000 kontak email dan 12.000 pengiriman email bulanan.

Canva 

Aktivitas digital marketing tidak bisa lepas dari desain grafis, hal ini karena keduanya dapat saling melengkapi. Dengan desain yang bagus maka konsumen akan lebih tertarik dengan penawaran bisnismu dan aktivitas digital marketing dapat berjalan lebih optimal.

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula. Tak hanya itu, Canva juga dapat diakses melalui perangkat desktop maupun mobile. Dengan demikian, kamu dapat berkreasi kapan pun dan di mana pun. Canva menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan desain grafis kamu. 

Aplikasi web ini sebenarnya memiliki dua versi berbayar dan satu versi gratis. Akan tetapi, Kamu sudah dapat menikmati berbagai fitur tanpa membeli versi premiumnya. 

Fitur unggulan Canva:

  • Tersedia beragam template dengan desain yang profesional sehingga tidak perlu membuat dari awal.
  • Bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kebutuhan desain seperti brosur, post Instagram, presentasi, dll.
  • Penggunaan yang mudah, ramah pemula (drag and drop).
  • Tool dapat digunakan secara gratis, namun ada beberapa fitur yang tidak dapat digunakan.

Ayo Coba Tools Digital Marketing Sekarang!

Selain 9+ digital marketing tools yang sudah dipaparkan, ada banyak tools lain yang bisa membantu memberikan hasil terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk, pelajari beragam digital marketing tools agar memaksimalkan aktivitas digital marketing kamu.

Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sumber belajar untuk bisa memulai bisnis online kalian. Jika kalian ada kritik maupun saran jangan sungkan untuk isi kolom komentar atau langsung dm instagram Digitumo di @digitumo.id . Bye! Sampai jumpa di topik selanjutnya.