9 Tools Digital Marketing Penting untuk Bisnismu

You are currently viewing 9 Tools Digital Marketing Penting untuk Bisnismu

Sebagai seorang digital marketer, kamu tentu sudah terbiasa berinteraksi, memantau dan analisis perkembangan website atau blog. Dalam hal tersebut, kunjungan (traffic) dan konversi pengunjung menjadi dua hal yang penting untuk diketahui.

Berikut tools Digital Marketing yang bisa kamu gunakan agar proses pemasaran mu semakin efisien dan efektif :

1. Google Analytics

Sebagai seorang digital marketer, kamu tentu sudah terbiasa berinteraksi, memantau dan analisis perkembangan website atau blog. Dalam hal tersebut, kunjungan (traffic) dan konversi pengunjung menjadi dua hal yang penting untuk diketahui.

Nah, salah satu alat yang dapat membantumu mendapatkan data tersebut ialah Google Analytics. Kamu bisa belajar intensif dan menjadi Digital Marketing Specialist dengan mengikuti kursus Google Academy. Kursus online tersebut diselenggarakan oleh Google yang ditujukan untuk pemula, menengah, dan yang sudah menjadi spesialis di digital marketing.

2. Google Ads

Unsplash.com

Bagi pebisnis online maupun Digital Marketer Expert, menjadi nomor satu di search engine atau first page di Google merupakan tujuan utama. Karena itulah, kita menggunakan Search Engine Marketing (SEM) untuk bisa memenangkan persaingan di mesin pencarian.

Google Ad memungkinkan pengiklan menawar kata kunci (keywords) tertentu yang sesuai untuk bisnisnya dengan tujuan agar iklan tersebut bisa muncul pada hasil pencarian Google. 

Tidak hanya itu, ada juga beberapa produk iklan lainnya seperti Google Display Network, Shopping, dan Video. Sama halnya dengan Google Academy, kamu juga bisa belajar secara mandiri segala hal tentang Google Ad melalui laman Google Ads Help.

3. Facebook Ads

Unsplash.com

Tak kalah penting dengan search engine, social media juga menjadi perhatian utama Digital Marketer Expert. Karena itulah, digital marketing tools di bidang sosial media juga penting.

Salah satu fitur iklan Facebook yaitu Facebook Ads banyak digandrungi digital marketer. Dengan Facebook Ads akan memungkinkan kita untuk membidik pemirsa (audience) di Facebook yang sesuai dengan kriteria target pasar.Penargetan pemirsa dapat dipilih berdasarkan demografis, lokasi, minat (interest), dan perilaku (behaviours). Hebatnya lagi, Facebook Ads juga memungkinkan kita untuk beriklan pula dengan platform rekanan mereka seperti Instagram dan Facebook Display Network lainnya.

4. Ubersuggest

Nielpatel.com

Search Engine Optimization (SEO) semakin banyak digunakan oleh berbagai macam jenis bisnis. Tugas utamanya adalah melakukan optimasi website agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencari Google sekaligus menaikkan brand awareness. 

Untuk bisa melaksanakan strategi SEO yang tepat, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari keyword. Diperlukan tool yang tepat agar bisa mendapatkan keyword yang terbaik. Ada tool yang gratis dan ada juga yang berbayar. Namun jika memang Anda ingin menggunakan tool pencari keyword gratis, maka Ubersuggest adalah jawabannya.

5. Hootsuite

Hootsuite.com

Sebagai digital marketer, kamu tentu terbiasa memperhatikan segala aktivitas bisnis mu atau klien melalui social media. Apalagi jika bisnismu memiliki akun di beberapa platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube.

Dengan beberapa channel sosial media yang kamu miliki, tentu kamu membutuhkan adanya platform manajemen social media terpusat. Dengan Hootsuite, kamu bisa memanajemen semua channel tersebut dalam satu platform saja.

6. Mailchimp

Mailchimp.com

Ada lagi digital marketing tools yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu email marketing tools seperti Mailchimp. Kamu dapat menjaring pelanggan baru dan bangun hubungan baik dengan pelangganmu.

Mailchimp merupakan tools email marketing yang paling banyak digunakan digital marketer. Dengan menggunakan Mailchimp, kamu bisa mengirim ratusan hingga ribuan email secara otomatis bahkan tanpa biaya atau gratis.

7. Ahrefs

Ahrefs.com

Ahrefs adalah salah satu digital marketing tool yang bagus untuk kamu pelajari terutama untuk SEO dan SEM. Lewat Ahrefs kamu bisa mempelajari hampir semua hal tentang pesaing bisnis mu melalui Ahrefs site explore. 

Melalui Ahrefs kamu bisa mempelajari dari mana saja lalu lintas traffic pesaingmu muncul, peringkat situsnya hingga backlink yang membuat orang mengarah kepada situs tersebut. Kamu pun bisa menggunakan fitur content explorer untuk melihat jenis konten paling banyak dibagikan di situs.

8. Google Search Console

search.google.com/search-console

Google Search Console adalah layanan yang ditawarkan Google untuk membantu kamu untuk mempertahankan, dan memecahkan masalah keberadaan situs di mesin pencarian Google.

Adapun fitur yang ditawarkan adalah melihat data traffic untuk situsmu. Tools ini juga akan memberitahukan kamu jika Google menemukan masalah dalam pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di dalam situs.

9. Canva 

Canva.com

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula. Tak hanya itu, Canva juga dapat diakses melalui perangkat desktop maupun mobile. Dengan demikian, kamu dapat berkreasi kapan pun dan di mana pun. Canva menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan desain grafis Digital Marketing kamu. 

Aplikasi web ini sebenarnya memiliki dua versi berbayar dan satu versi gratis. Akan tetapi, Kamu sudah dapat menikmati berbagai fitur tanpa membeli versi premiumnya. 

Selain 9 digital marketing tools ini, ada banyak tools lain yang bisa membantu memberikan hasil terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk, pelajari beragam digital marketing tools agar memaksimalkan hasil kerja pemasaran kamu. Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sumber belajar untuk bisa memulai bisnis online kalian. Jika kalian ada kritik maupun saran jangan sungkan untuk isi kolom komentar atau langsung dm instagram Digitumo di @digitumo.id . Bye! Sampai jumpa di topik selanjutnya

Leave a Reply