Tips Wirausaha Jitu untuk Mengembangkan Usahamu

  • Post category:Tips Bisnis
  • Reading time:3 mins read
You are currently viewing Tips Wirausaha Jitu untuk Mengembangkan Usahamu

Jaman sekarang wirausaha atau entrepreneurship sangat banyak diminati. Apalagi Millenials yang ingin bebas bereksplorasi dan menyukai tantangan. Di artikel ini kita akan bahas apa sih Wirausaha itu? Dan apa saja tips jitu yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan usahamu.

Wirausaha atau entrepreneur adalah kegiatan usaha atau bisnis mandiri di mana segala sumber daya dan upaya dibebankan kepada pelaku (disebut sebagai wirausahawan) dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, maupun menyusun suatu operasinya dan memasarkan serta mengatur permodalannya. Jadi mempunyai karakter wirausaha sangatlah penting, tidak mudah menyerah, suka mengambil tantangan dan kesempatan baru.

Tips jitu memulai usaha :

1. Lakukan Survey

Sebelum mulai membangun bisnis lakukan survey terlebih dahulu. Mulai dari survey pasar, survey lokasi dan survey harga.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengidentifikasi target pasar kamu, buat sosok konsumen mulai dari usia, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan, lokasi, hobi dll dengan begitu kamu akan lebih mengenal pasar yang akan kamu tuju juga menetapkan harga dan lokasi yang tepat.

2. Persiapkan model bisnis yang akan dijalankan

Kamu bisa mempersiapkan model bisnis apa yang akan kamu buat melalui target pasar yang ingin kamu tuju dan melakukan riset apa yang sedang trend saat ini. Jangan lupa tentukan juga jenis pemasaran yang akan kamu gunakan, digital marketing atau offline marketing, karena jenis pemasaran menentukan seperti apa produk mu ingin dikenal.

3. Fokus pada satu bisnis

Jika kamu mulai merintis bisnis, lebih baik buat satu bisnis terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa megembangkannya dengan maksimal. Melihat trend sangatlah penting namun kamu juga harus selalu ingat bahwa kamu harus mempertahankan identitas, karena dengan itu brand mu akan selalu diingat.

4. Ketahui sumber pemasukan bisnis

Nah poin ini sangat penting karena setiap usaha pasti bertujuan mencari keuntungan. Maka kamu harus mulai menentukan dari mana saja sumber pemasukan bisnis didapat. Contohnya kamu ingin membuat merchandize untuk produk mu maka pisahkan pemasukan dan buat pembukuan secara jelas dan transparan.

5. Tentukan aktivitas usaha

Ada 5 hal yang perlu kamu perhatikan dalam menjalani aktivitas usaha :

  • Strategic management: menetapkan tujuan organisasi, merencanakan dan mengembangkan kebijakan, juga mengalokasikan sumber daya untuk mencapai tujuan.
  • Operational management: fokus pada proses produksi barang dan jasa, memastikan bisnis berjalan efisien dan efektif.
  • Marketing management: fokus pada pemasaran agar perusahaan bisa berkembang dan mendapatkan keuntungan.
  • Financial management: segala sesuatu yang berkaitan dengan keuangan, mulai dari perencanaan hingga penyimpanan dana
  • Human resources management: menjalin hubungan dengan sumber daya supaya bisa mencapai tujuan bersama

6. Bangun relasi dengan konsumen

Semua jenis bisnis atau usaha pasti membutuhkan konsumen maka adanya relasi yang baik antara usaha mu dan konsumen akan membuat mereka percaya dan merasa dihargai. Contohnya adalah dengan menyediakan refill minuman gratis di restoran mu, atau snack gratis setiap batas pembelian tertentu.

7. Monitor pengeluaran usaha

Step terakhir yang tidak kalah penting adalah selalu mengontrol pengeluaran yang dibuat. Dengan begitu pengeluaran tidak akan membludak, karena jika kamu tidak melakukan controlling hal terburuk yang bisa terjadi adalah kamu bisa mengalami kerugian. Mengontrol pengeluaran juga berfungsi untuk menentukan keuntungan usahamu. Pastikan bahwa kamu melakukan monitor pengeluaran secara berkala.

Itu dia 7 tips dan trik jitu memulai usaha. Gimana? Sudah siap memulai usaha kamu?

Leave a Reply