Tips Strategi Branding Agar Bisnismu Sukses

  • Post category:Tips Branding
  • Reading time:3 mins read
You are currently viewing Tips Strategi Branding Agar Bisnismu Sukses

Jika kamu bertanya seberapa penting Branding dalam ativitas marketing? Maka jawabannya sudah pasti SANGAT PENTING. Branding dan Marketing merupakan aktivitas yang sangat berhubungan.

Setiap usaha atau bisnis pasti memerlukan branding, baik itu offline maupun online. Fungsi dari branding adalah agar usaha atau bisnis kamu dapat dikenal oleh konsumen dan membantu bisnis kamu lebih berkembang lagi. Namun kamu perlu tahu branding seperti apa yang menarik banyak konsumen sekaligus memiliki cara yang efektif. Nah dalam artikel ini kita akan membahas Tips Strategi Branding agar Bisnismu Sukses.

1. Manfaatkan Media Sosial

Menurut data dari The Next Web, Indonesia tidak pernah absen dari top 5 negara dengan pengguna media sosial terbanyak di Dunia, baik itu Facebook, Twitter dan Instagram. Oleh sebab itu banyak bisnis atau usaha yang mempromosikan produknya melalui media sosial. 

Penggunaan media sosial menjadi sangat efektif dan efisien karena tidak membutuhkan waktu dan biaya yang banyak. Pastikan bahwa konten yang kamu buat cukup menarik konsumen, jangan gunakan banyak tulisan karena itu akan membuat konsumen menjadi bosan. Gunakan banyak infografis, gambar dan video.

Sebelum menggunakan media sosial, pastikan kamu sudah mengetahui target pasar kamu, dengan begitu kamu akan tahu di media sosial mana produk kamu akan dipasarkan.

2. Buat Guest Web / Blog

Membuat web akan sangat membantu kamu untuk terus berhubungan dengan konsumen. Dengan web pula kamu dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan media sosial. Sebelum membuat web pastikan kamu sudah menguasai SEO atau Search Engine Optimization, fungsi dari SEO ini adalah agar web atau blog kamu bisa muncul di halaman pertama Google saat konsumen melakukan pencarian. 

Riset web kamu dengan web kompetitor yang memiliki fokus atau bidang yang sama. Riset mulai dari kelebihan, fitur atau promo menarik yang ditawarkan. Dengan begitu kamu bisa belajar dari web kompetitor dan menghasilkan web yang lebih bagus dan menarik.

3. Berikan Tawaran Menarik

Cara terbaik selanjutnya adalah memberikan tawaran yang menarik. Poin ini menjadi sangat penting jika kamu ingin fokus memberikan brand awareness dan meningkatkan engagement. Kamu jadi mempunyai hubungan dua arah dengan konsumen dan dapat membuat koneksi spesial antara bisnis kamu dengan konsumen. Contoh yang bisa kamu gunakan adalah memberikan free ebook, produk gratis dengan minimal pembelian juga mengadakan seminar.

4. Kirimkan Post Link ke Banyak Situs Social Bookmarking

Cara ini sangat berpotensi karena membantu website kamu menjadi lebih dikenal. Situs bookmark sosial seperti Reddit, Digg, StumbleUpon akan membantu web kamu untuk menarik traffic.

Gimana? Apakah sudah mulai ada gambaran branding yang bisa kamu lakukan? Jangan mudah menyerah dan terus riset jenis branding seperti apa yang bisa kamu gunakan. 

Leave a Reply