Strategi Pemasaran Menggunakan Konten Marketing

You are currently viewing Strategi Pemasaran Menggunakan Konten Marketing

“Praktik konten marketing memiliki jenjang waktu yang sama dengan praktek storytelling”

joe pulizzi

Pada dasarnya Konten marketing adalah upaya menarik dan mempertahankan konsumen dengan memberikan strategi konten yang bermanfaat. Menurut Joe Pulizzi Konten Marketing adalah teknik pemasaran untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan dan berharga untuk menarik, target audience yang jelas guna mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan.

Di artikel ini kita akan membahas satu-persatu apa itu konten marketing, bagaimana penyusunan ide dalam membuat konten marketing hingga proses pembuatan konten marketing.

Sebelum kita bahas lebih jauh kita perlu tahu apa sih manfaat konten marketing :

1. Menghasilkan traffic dan SEO

Karena konten marketing menggunakan media digital maka kita bisa menggunakan blog atau web sebagai salah satu media yang tepat untuk marketing. Jika kita membuat konten blog yang menarik dan semakin relevan maka akan semakin banyak user yang tertarik.

2. Meningkatkan Engagement

Menggunakan konten yang menarik pastinya akan membuat konsumen semakin terikat dengan produk kita. Dengan adanya sumber ide yang beragam maka kita bisa membangun kepercayaan konsumen

3. Mengkonversi konsumen indirect

Menggunakan konten marketing dapat membuat konsumen baru yang awalnya tidak kita sasar.

4. Menghasilkan conversion rate yang tinggi

Dalam konten marketing tulisan ajakan tetap menjadi hal yang sangat penting maka konten marketing + conversion content akan membuat bisnis kita semakin dikenal dan dipercaya.

5. Meningkatkan brand awareness

Brand Awareness merupakan hal yang sangat penting bagi setiap bisnis agar dikenal oleh banyak orang. Jika kamu ingin mengetahui bagaimana cara untuk meningkatkan brand awareness untuk bisnis yang sedang kamu buat maka konten marketing merupakan pilihan yang sangat tepat.

STEP PEMBUATAN KONTEN MARKETING

STEP PERTAMA dalam pembuatan konten marketing yang perlu kita terapkan adalah mengetahui pertanyaan-pertanyaan penting dalam penyusunan konten. Contohnya adalah :

1. Apa Goal atau objektif dalam melakukan upaya konten marketing?

Mengapa membuat konten marketing? Apa tujuan pembuatan konten marketing dalam bisnis kamu? Untuk mendapatkan traffic atau akuisisi

2. Siapa konsumen kamu? 

Kamu harus bisa menjawab pertanyaan ini dengan rinci dan detail, mulai dari gender, usia, kebiasaan, penghasilan, hobi. Dengan begitu kamu dapat menentukan model marketing dan harga produk yang akan ditetapkan.

3. Dimana konsumen mayoritas menggunakan media sosial? 

Cari dan tentukan media apa yang relevan dengan mereka karena dengan mengetahui media sosial yang mereka gunakan kamu dapat menggunakan media itu untuk berinteraksi dengan konsumen, membangun awareness hingga conversion. Pastikan kamu fokus pada satu atau dua media yang banyak konsumen gunakan.

4.Siapa influencer bagi mereka? 

Riset mulai dari Tokoh terkenal, para ahli atau pakar. Apa sih pentingnya mengetahui idola konsumen? Agar kita bisa tahu pola komunikasi dan pola pikir konsumen agar bahasa yang kita gunakan dalam membuat konten marketing pas.

5. Pengalaman seperti apa yang ingin konsumen rasakan? 

User experience. Saat kita membuat konten kita tidak boleh menggunakan ide yang bias berdasarkan pengalaman pribadi namun kita harus tahu apa yang konsumen inginkan dan konsumen lihat dalam konten dan produk kita.

6. Matriks apa yang mau dipakai sukses atau tidaknya konten marketing ini? Contoh mengukur traffic dengan page views.

STEP KEDUA yang perlu kita lakukan adalah Menyusun Strategi. Berikut 5 langkah dalam penyusunan strategi konten marketing : 

  1. Apa kelebihan barang, produk atau project kamu. Tawarkan sesuatu yang unik dan berbeda.
  2. Tajamkan fokus, persempit tema yang kamu gunakan agar konten yang kamu buat semakin fokus pada tujuan pembuatan konten marketing.
  3. Membuat konten, buat rencana daftar konten yang akan kamu buat. Contohnya seperti artikel postingan, video atau podcast.
  4. Sebarkan dan buat rencana agar banyak orang bisa menemukan kontennya. Menyebarkan konten sekarang dapat melalui banyak cara contohnya seperti facebook ads, instagram ads dll . Namun cara efektif dan mudah yang bisa kamu lakukan adalah mempromosikan produk mu lewat influencer.
  5. Buat kontenmu lebih baik lagi, catat performa. Lihat konten yang performanya baik dan aplikasikan faktor keberhasilannya ke konten yang lain. Tool yang bisa kamu gunakan adalah Tools analytic.

STEP SELANJUTNYA adalah, sekaligus yang terpenting adalah proses pembuatan konten marketing, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membuat konten.

1. Memahami Konten

Hal pertama yang harus kamu ketahui dalam pembuatan konten adalah memahami konten yang akan kamu buat. Apakah bentuk artikel tersebut? Contohnya artikel website, video, podcast, infografis atau video. Yang terpenting dalam pembuatan konten adalah kesesuaian konten yang kamu buat dengan kebutuhan konsumen.

Konten yang baik tidak hanya bermanfaat tapi juga menjembatani antara brand dan konsumen. Melalui konten kita bisa menyampaikan apa keinginan kita sebagai brand. Kita tetap bisa mempertahankan value brand dan juga bisa memberikan produk apa yang dibutuhkan konsumen.

2. Mempersiapkan Ide Konten

Sebagai konten marketer kita tidak bisa menyangkal bahwa salah satu bagian terpenting dan terumit dalam proses pembuatan konten adalah pembuatan Ide. Maka berikut tips yang bisa kamu lakukan sebagai inspirasi ide mu. 

  • Brainstorming dan diskusi dengan tim dapat memunculkan ide yang menarik dan bervariasi. 
  • Pencarian Data
    • Data internal bisa didapatkan lewat performance konten kita. Kamu bisa menggunakan google analytics untuk memberi insight dalam ide konte baru. 
    • Data eksternal bisa didapatkan lewat riset terkait dengan topik yang menarik dan sedang hangat diperbincangkan.
  • Digital media listening, dengan memperhatikan apa yang terjadi di media sosial dan media online. Kamu juga bisa menggunakan hal yang ramai dibicarakan orang, apa yang banyak dibaca, di komentari, apa yang sedang trending sebagai headline konten kamu dan jangan lupa untuk selalu menyesuaikan dengan strategi konten kamu.

3. Konten Strategi & Konten Planning

Pembuatan konten sangat penting dengan memperhatikan bagaimana menyiapkan dan menyusun konten yang sesuai dengan customer journey atau perjalanan konsumen dalam mengenali brand kita. 

Ada 3 pendekatan konten yang harus kita ingat yaitu :

  1. Awareness Konten: Melalui awareness konten kamu menyediakan kebutuhan konsumen melalui keyword yang populer namun sedikit dalam membahas brand. Lewat awareness konten kamu lebih fokus dalam memberikan konten yang mereka sukai terlebih dahulu tanpa ada hard selling didalamnya.
  2. Leads Konten: Dari leads konten kamu bisa mulai menyajikan konten yang memberi pengenalan produk yang kamu buat. Konten ini biasa dibuat untuk konsumen yang sudah pernah mengenal brand kita. 
  3. Conversion Konten: Di conversion konten kamu bisa mengulas brand secara gamblang, atau bisa disebut hard selling namun pastikan bahwa konten yang kamu sajikan tetap bermanfaat bagi konsumen.

Selanjutnya adalah konten planning atau perencanaan konten. Buat perencanaan terstruktur mulai dari penentuan pengerjaan, keyword target, jadwal tayang, waktu meeting bersama tim, deadline editing visual, kamu bisa menggunakan microsoft excel atau google sheet dalam pembuatannya dan bagikan kepada semua anggota tim.

4. Cara Membuat Konten

Perhatikan langkah-langkah nya berikut ini :

  1. Tentukan topik, buat topik yang tajam dan jangan general. Apa yang mereka ketik di mesin pencarian
  2. Ketahui setiap bagian di setiap artikel
    • Headline atau judul artikel yang ramah SEO, menurut riset judul dengan angka ganjil lebih menarik.
    • Lead yang membuat pembaca semakin menarik. Maksimalkan dengan hanya membuat 3 kalimat.
    • Isi, bahas apa yang dibutuhkan. Bahas dengan data atau sumber yang relevan. Gunakan listicle untuk memudahkan konsumen membaca dan tidak bosan.
    • Tutup dengan kalimat singkat dan call to action ke produk, barang atau jasa yang kita tawarkan.

5. Menganalisis Performa Konten

Matriks yang bisa kamu perhatikan adalah :

  • Traffic: Kamu bisa menggunakan tools yang tersedia seperti google analytics, similar web, tools analitik. Dengan tools tersebut kamu bisa mengetahui berapa orang yang mengunjungi blog mu, berapa yang membaca artikel dalam blog mu, data sumber resources nya dan berapa lama orang mengunjungi website mu.
  • Leads: Rutin pantau dan kontrol website atau media sosial kamu. Lihat data berapa banyak orang yang meninggalkan jejak di konten kita dan bandingkan dengan konten-konten sebelumnya. 

Nah, bagaimana? Sekarang sudah ada gambaran kan strategi apa saja yang bisa kamu terapkan dalam pembuatan konten marketing.  Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sumber belajar untuk bisa memulai bisnis online kalian. Jika kalian ada kritik maupun saran jangan sungkan untuk isi kolom komentar atau langsung dm instagram Digitumo di @digitumo.id . Bye! Sampai jumpa di topik selanjutnya

Leave a Reply