Sociopreneur : Perubahan Sosial dan Wirausaha

  • Post category:Tips Bisnis
  • Reading time:3 mins read
You are currently viewing Sociopreneur : Perubahan Sosial dan Wirausaha

Ketika menyebut kata Entrepreneur apa yang terlintas dipikiran teman-teman? Pasti tentang bisnis, wirausaha, profit dan lain sebagainya. 

Namun tahukah kamu bahwa ada istilah lain dari Entrepreneur? Yaitu Sociopreneur, dalam artikel ini kita akan bahas lebih jauh tentang Sociopreneur, Check it Out!

Apa itu Sociopreneur?

Sociopreneur merupakan seorang entrepreneur yang melakukan kegiatan bisnisnya dengan tujuan memperdayakan lingkungan. Jika pada umumnya seorang pebisnis fokus pada profit, maka sociopreneur juga fokus kepada perubahan sosial yang diberikan. 

Memulai bisnis dengan model seperti ini tentu membutuhkan keuletan, komitmen dan persiapan yang matang, karena kamu harus bisa memikirkan bagaimana caranya bisnis kamu tetap menghasilkan profit, disisi lain kebermanfaatan harus tetap selalu jalan.

Social entrepreneurship atau usaha sosial di Indonesia ternyata juga ikut membantu pemerintah mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Terlebih lagi, sociopreneur banyak mempekerjakan masyarakat dari berbagai ras, daerah dan disabilitas jadi menciptakan dunia kerja yang lebih inklusif dan beragam.

Manfaat adanya Social Entrepreneur adalah :

1. Meningkatkan Kesempatan Kerja 

Beragamnya pekerjaan dan pemanfaatan daya masyarakat sekitar maka Socio entrepreneurship dapat menjadi salah satu solusi kurangnya lapangan perkerjaan.

2. Memberikan inovasi dan kreasi dalam menawarkan solusi masalah sosial 

Para Socio entrepreneur juga dapat membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat. Kita tahu bahwa tidak semua elemen dan lapisan masyarakat tersentuh oleh bantuan pemerintah.

Maka sudah jadi tugas kita yang sadar bahwa membantu masyarakat adalah kewajiban yang harus kita usahakan.

3. Peningkatan Kesetaraan 

Melalui Social Entrepreneur, pelaku bisnis tidak hanya mementingkan profit atau kekayaan untuk diri sendiri. Namun juga bisa berkontribusi dalam pemerataan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Contoh Social Entrepreneurship

Sekarang kami akan beri contoh salah satu sociopreneur yang ada di Indonesia yaitu Tanijoy . Langsung yuk kenalan dengan Tanijoy

Tanijoy didirikan oleh tiga sekawan Muhammad Nanda Putra, Kukuh Budi Santoso, dan Febrian Imanda Effendy pada April 2018. Menurut Nanda, perusahaan rintisannya itu berniat menjadi jembatan bagi petani yang membutuhkan modal dengan para investor. 

Ternyata Ide ketiga founder ini terinspirasi dari kondisi petani di pedesaan yang sering  mengalami kerumitan dalam mengurus pinjaman lewat perbankan maupun lembaga keuangan lainnya. Selain itu, hanya sedikit dari petani yang memahami pengelolaan keuangan maupun rencana pengembangan bisnis, sehingga mereka tidak mampu menarik pemodal. 

Selain mempertemukan petani dan pemodal, Nanda mengatakan program yang mereka rancang berniat memberikan nilai tambah pada kegiatan pertanian. Menurut Nanda, Tanijoy tidak memberikan para petani uang namun memberikan bantuan salah satunya dengan mengontrol barang dan usaha para petani. 

Semoga artikel ini bisa sedikit memberikan kamu insight bahwa berbisnis bisa kok tidak hanya memikirkan profit, dengan sociopreneur kamu bisa berbisnis sekaligus memberikan manfaat. Jangan lupa untuk explore blog Digitumo agar kamu bisa membaca artikel lain dari kita. See you!

Leave a Reply