Membangun Personal Branding Dalam Berbisnis

You are currently viewing Membangun Personal Branding Dalam Berbisnis

Personal branding merupakan pencitraan diri kamu secara individu sebagai seorang pebisnis. Personal branding yang kamu bangun akan mencerminkan nilai-nilai kepribadian, keahlian, dan kualitas yang membuat dirimu berbeda dari orang lain. 

Tentunya, personal branding memberikan nilai tambah pada bisnismu sebab hal terpenting dalam membangun bisnis adalah menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan. 

Selain itu, pelanggan akan cenderung mempercayai produk dari perusahaan yang telah dikenalnya dengan baik secara personal maupun melalui orang lain yang sudah pernah menggunakan produk dari perusahaan tersebut.

Maka kali ini kita akan membahas bagaimana membangun personal branding yang akan membantu bisnismu. Check it out!

Memaksimalkan Sosial Media

Membangun koneksi melalui social media juga bisa membantu untuk mencari kesempatan dalam karir kamu. kamu bisa membangun koneksi dengan orang-orang yang berpotensi untuk menjadi bos, karyawan, partner bisnis, klien, dan sebagainya.Semakin banyak kamu posting konten di sosial media, semakin banyak pula orang yang akan mengenali kamu. 

Pastikan kamu posting di sosial media dan waktu yang tepat. Tetapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua social media cocok untuk membangun hubungan profesional. Temukan terlebih dahulu passion kamu apa, dan ingin dikenal sebagai apa? Traveller, grafik designer, reviewer? Unggah sesuatu yang berhubungan dengan minat dan bakat kamu.

Bangun Spesialisasi dan Reputasi 

Fokuslah pada satu bidang yang kamu tekuni. Konsentrasilah pada satu bakat khusus atau keterampilan unik saja. Memiliki pengetahuan dan bergerak di banyak bidang memang sama sekali tidak buruk, tetapi menjadi berusaha menguasai semua hal tanpa ada keterampilan, kemampuan, atau bakat khusus, akan membuat kamu tidak unik.

Contohnya seperti jejak sukses GoJek yang melebarkan sayapnya dengan servis pengantaran barang, servis pijat dan salon yang bisa datang ke rumah, sampai rental truk pemindahan barang.

Personal branding sangat berpengaruh ke bisnis, apalagi memulainya dari nol. Diawali dengan memperkenalkan kepada teman-teman, sharing, kemudian terbentuk trust dari mereka. Jadi, yakini bahwa ketika kita sudah punya kredibilitas dan reputasi, pelanggan pun akan datang dengan sendirinya.

Kolaborasi 

Setelah mengetahui spesialisasi dan bergabung di media sosial, cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan branding adalah dengan bergabung dengan komunitas online. Tentunya komunitas yang kamu pilih haruslah yang sesuai dengan minat dan keahlian mu.

Ikutlah berbagai kegiatan dan temu muka yang diadakan oleh forum dan komunitas tersebut. Dalam sesi diskusi, usahakan kamu ikut aktif berpartisipasi dan berdialog supaya kamu semakin dikenal.

Itu tadi sekilas tips membangun personal branding yang bisa kamu coba. Semoga dengan tips yang sudah kami paparkan dapat membantu kamu dalam membuat personal branding. Jangan lupa untuk pantau terus blog digitumo setiap minggunya untuk mendapatkan artikel terbaru. See You! Semangat!

Leave a Reply