Pahami Branding Bisnis Kamu Melalui Instagram

You are currently viewing Pahami Branding Bisnis Kamu Melalui Instagram

Instagram adalah sosial media yang populer dan banyak digunakan untuk bisnis di tahun 2018. Instagram lebih dari 700 Juta pengguna yang aktif yang menggunakan aplikasi untuk melihat foto dan video dari teman, keluarga, dan tentunya brand. Menurut data dari Brandwatch, 50% pengguna instagram mem follow akun brand.

Untuk bisnis sendiri, Instagram memang sudah memiliki beberapa fitur yang dikhususkan. Salah satu fitur kelebihan Instagram dibanding sosial media lain adalah kamu bisa membagikan story brand kamu dengan konten visual yang unik dan engaging.

Bangun Eksistensi di Instagram

PROS

Instagram memiliki fitur layanan advertising untuk bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Tidak hanya melalui instagram Advertising, kamu bisa menggunakan fitur hashtag (#) untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Fitur hashtag ini tidak hanya berlaku pada foto saja tapi juga Instagram stories dan IGTV. Dengan begitu kamu bisa menjangkau audiens lebih luas tanpa advertising.

CONS

Karena instagram adalah platform visual maka, maka kamu perlu memastikan bahwa konten kamu memiliki kualitas gambar yang baik agar kamu sukses di Instagram.

Pengguna Instagram adalah memiliki pengguna yang spesifik, yaitu mobile. Maka kamu mungkin melewatkan audiens dengan pengguna lain.

Pengguna Instagram kebanyakan adalah anak muda dengan rata-rata umur 18-26 tahun. Jadi kamu mungkin melewatkan audiens lebih luas.

EKSEKUSI STRATEGI SOSIAL MEDIA

Langkah-langkah apa saja yang perlu kamu lakukan ?

Jika kamu sudah mengetahui tujuan bisnis kamu, target audiens kamu, dan platform media apa yang akan kamu gunakan, sekarang kamu tinggal membuat framework yang perlu kamu kelola dan jadwalkan di sosial media kamu. Pahami strategi di bawah ini :

1. Hashtag Research

Hashtag research atau riset hashtag adalah langkah utama untuk setiap Digital marketing. Proses ini sama dengan proses Keyword research pada pembuatan konten di website. Dengan mengetahui hashtag yang tepat maka kamu akan dapat menjangkau audiens yang tepat pula.

Proses pencarian hashtag ini bisa dibilang cukup mudah. Kamu hanya perlu tau tools untuk tahu hashtag-hashtag mana yang bisa mendatangkan banyak kunjungan ke akun sosial media kamu.

Contoh tools hashtag research yang dapat kamu gunakan :

All Hashtag

all-hastag.com

All Hashtag menjadi salah satu pilihan yang paling tepat untuk melakukan riset hashtag di Instagram. Hashtag populer instagram untuk jualan juga bisa kamu gunakan dan terapkan pada bisnis yang sedang kamu jalankan. Terutama untuk sosial media bisnis kamu.

Di tools ini kamu bisa menggunakan Hashtag Generator, Hashtag Creator, Hashtag Analisa dan Top Hashtag Instagram.

2. Mengumpulkan Ide dan Merencanakan Konten

Ide biasa muncul disaat-saat yang tidak di sangka. Jadi kamu perlu tempat yang nyaman yang bisa kamu gunakan mencari ide. 

Contoh tool yang dapat kamu gunakan adalah : 

Trello 

trello.com

Trello adalah sebuah project manajemen tool yang menggunakan sistem board dan card, sehingga kamu bisa melihat semua ide-ide dan rencana kamu dengan mudah dan terstruktur.

Pada dasarnya, dalam mengumpulkan ide dan merencanakan konten, kamu harus bisa lebih fleksibel. Pertimbangan setiap Ide dan apakah Ide tersebut merupakan langkah yang tepat untuk sosial media marketing kamu.

Jika kamu ingin membuat tulisan yang sama dengan beberapa channel sosial media, pastikan bahwa konten atau copywriting nya sudah di optimasi untuk channel tersebut.

3. Menjadwalkan Ide

Jika kamu sudah menentukan konten apa yang kamu buat, ini saatnya kamu menjadwalkan kapan konten kamu akan di publish.

Contoh tool yang dapat kamu gunakan adalah :

Hootsuite

hootsuite.com

Tool ini memungkinkan siapapun untuk mengelola hampir semua aspek posting media sosial. Tool ini menawarkan kemampuan untuk:

  • Mempublikasikan dan jadwal konten, termasuk auto-Scheduling
  • Riset dan mengidentifikasi konten yang menarik
  • Terlibat dengan komunitas
  • Melihat banyak aspek tentang interaksi di media sosial dengan multi stream view
  • Melihat progres dan analisis konten yang Anda posting

Jika kamu mulai muncul pertanyaan. Seberapa sering seharusnya kamu mengupload ke konten ke sosial media? Jawaban setiap orang pasti berbeda – beda. Posting secara rutin dan lihat kapan waktu yang paling bagus untuk profil social media kamu. Pastikan bahwa kamu tidak terlalu jarang ataupun terlalu sering dalam memposting konten ke social media kamu. Kamu bisa mulai dengan melakukan postingan sekali setiap beberapa hari. Kemudian coba lakukan posting setiap hari. Kemudian baru lihat mana yang mendatangkan hasil yang lebih baik.

Creator Studio

business.facebook.com/creatorstudio

Facebook Creator Studio merupakan salah satu Tools / Aplikasi yang dibuat oleh Facebook yang terintegrasi dalam satu sistem.

Kamu bisa menggunakan Facebook Creator Studio untuk melakukan posting, mengelola social media, memonetisasi / dalam hal ini mendapatkan keuntungan dari social media, hingga mengukur kualitas dan perkembangan social media melalui data dan insight yang diberikan pada dashboard Facebook Creator Studio

4. Pastikan Postingan Kamu Sesuai untuk Setiap Channel

Kamu bisa menggunakan postingan gambar pada setiap sosial media yang kamu gunakan, namun pastikan bahwa kamu sudah mengoptimasi gambar, video, caption agar sesuai dengan platform nya.

5. Interaksi dengan Follower

Sosial media adalah komunikasi dua arah. Jadi kamu perlu berinteraksi dengan follower-follower kamu yang mungkin meninggalkan komentar atau direct message.

Kamu juga berinteraksi dengan channel-channel bisnis lain untuk menjalin hubungan yang baik.

Tips – tips Tambahan:

  • Jangan posting konten yang tidak sesuai dengan identitas atau image brand kamu. Agar tidak membuat audiens kamu bingung.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan insight postingan kamu, agar kamu bisa memantau mana konten kamu yang memiliki engagement yang tinggi. Dengan begitu kamu bisa menyusun konten yang lebih baik lagi.

Baca Juga : Panduan Instagram Ads untuk Pemula

Nah, gimana? Sekarang sudah ada gambaran kan bagaimana caranya memulai branding mu melalui Instagram?  Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sumber belajar untuk bisa memulai branding bisnismu. Jangan lupa kunjungi web Digitumo.com untuk melihat layanan-layanan yang bisa mempermudah proses bisnis kamu.

Jika kalian ada kritik maupun saran jangan sungkan untuk isi kolom komentar atau langsung DM instagram Digitumo di @digitumo.id. Bye! Sampai jumpa di topik selanjutnya.

Leave a Reply