fbpx

4 Mindset Entrepreneur yang Wajib Dimiliki Sebelum Memulai Bisnis

Mindset Entrepreneur

Apa sih yang membuat seseorang gagal dalam membangun bisnis? Apa yang membedakan para entrepreneur sukses dengan yang gagal? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini tentunya bisa karena berbagai faktor. Satu hal yang pasti, semua faktor tersebut akan berkaitan erat dengan mindset.

Mengapa demikian? Karena cara berpikir seseorang akan memengaruhi bagaimana ia bertindak. Mindset bisnis yang kurang tepat akan membuat kamu mengambil tindakan atau keputusan bisnis yang salah sehingga hasil yang didapat adalah kegagalan.

Jika kamu belum pernah memulai bisnis atau sudah memiliki bisnis namun belum berhasil, maka kamu perlu mengetahui apa saja mindset yang penting dimiliki seorang entrepreneur sebelum memulai bisnis. Simak artikelnya yuk!

Baca Juga: Cara Mulai Bisnis Online Untuk Pemula [Panduan Lengkap]

Apa yang Dimaksud dengan Mindset Bisnis?

Mindset bisnis atau entrepreneurship mindset adalah cara pandang atau cara berpikir yang memengaruhi sikap dan perilaku seseorang dalam mencapai tujuannya dalam hal wirausaha.

Mindset dari para entrepreneurs berbeda dengan orang-orang pada umumnya yang tidak memiliki bisnis. Mengapa demikian?

Karena seorang entrepreneur memiliki tujuan, tanggung jawab, dan peran yang jauh berbeda dibandingkan dengan orang-orang yang masih berstatus sebagai karyawan atau pelajar.

Oleh karena itu, apabila kamu adalah seorang mahasiswa atau karyawan yang bercita-cita menjadi seorang entrepreneur maka jangan gunakan mindset yang sama sebagai pelajar atau karyawan untuk menjalankan bisnis.

Mengapa Mindset Bisnis Penting Dimiliki?

Seorang entrepreneur dengan mindset bisnis yang benar akan mengambil keputusan-keputusan bisnis dengan lebih tepat dan meminimalisir kegagalan yang bisa saja terjadi pada bisnis.

Memang membangun mindset entrepreneur tidak bisa secara instant. Kamu perlu terjun langsung ke “medan perang” untuk bisa membentuk mindset yang kokoh.

Namun dengan mengetahui mindset apa saja yang harus dimiliki seorang entrepreneur, setidaknya kamu tahu mindset seperti apa yang harus kamu bentuk agar tidak salah arah nantinya.

Baca Juga: Apa Itu Open Minded? Arti, Manfaat, dan Penerapannya Sebagai Entrepreneur

Mindset Apa Saja yang Harus Dimiliki Entrepreneur?

Setelah mengetahui apa itu mindset entrepreneur dan mengapa mindset ini penting, sekarang waktunya kamu mempelajari mindset apa saja yang harus dimiliki sebelum memulai bisnis. Setidaknya ada empat mindset utama dari seorang entrepreneur.

1. Bahaya Chicken Mindset

Hal yang paling banyak membuat seseorang gagal baik itu ketika berbisnis ataupun dalam menjalani hidup adalah karena mereka belum bisa mengatasi internal problem atau permasalahan yang ada di dalam pikiran kita.

Masalah seperti takut gagal, asumsi tak berdasar, tidak percaya diri, dan mental block memiliki akar yang sama yaitu karena tidak mau keluar dari zona nyaman.

Denny Santoso, seorang pakar digital marketing menyebutnya dengan istilah chicken mindset. Orang-orang dengan chicken mindset akan selalu terfokus pada zona nyaman dan pada akhirnya mereka tidak dapat meraih apa yang menjadi goals mereka.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar chicken mindset dan cara mengatasinya, silahkan simak video berikut:

Source: Youtube/Denny Santoso

2. Longlife Learning

Selama masih hidup, manusia akan selalu mempelajari hal-hal baru karena kehidupan itu dinamis.

Jika kamu bisa menumbuhkan rasa penasaran, tentu akan lebih mudah untuk bisa adaptif dengan perkembangan yang ada, termasuk dalam hal bisnis.

Tanyakan selalu mengenai segala hal, lalu manfaatkan teknologi yang ada seperti Google untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut. Bahkan, anak kecil zaman sekarang sudah tahu bahwa mereka akan menemukan jawaban atas berbagai pertanyaan lewat Mbah Google.

Jadi, jangan anggap remeh nasihat “stay hungry, stay foolish” dari Steve Jobs karena dengan mindset itulah ia bisa membuat Apple menjadi perusahaan paling inovatif di dunia.

Video dari Satu Persen ini bisa membantu kamu untuk mahir mempelajari apapun dengan cepat dan mudah.

Source: Youtube/Satu Persen

3. Stop Berasumsi

Salah satu kesalahan terbesar orang-orang yang baru memulai bisnis adalah terlalu banyak berasumsi tanpa bisa membuktikannya.

Contohnya adalah ketika diawal merintis usaha, kebanyakan para pebisnis pemula akan menentukan produknya terlebih dahulu dan mereka percaya bahwa ada banyak orang yang akan menyukai produk tersebut, atau keyakinan bahwa bisnismu akan balik modal dalam waktu singkat.

Bisnis tidak bisa dibangun hanya berdasarkan asumsi dan keyakinan saja. Kamu harus mengetahui secara pasti seberapa luas pasar yang kamu incar, apakah produkmu menjadi solusi atas permasalahan konsumen, atau berapa lama bisnismu akan balik modal?

Pastikan hal-hal tersebut dengan melakukan validasi atas asumsi yang sudah dibuat sehingga bisnismu tidak berlarut pada hal yang tidak pasti.

Melalui channel Youtube-nya, Fellexandro Ruby memberikan insight yang menarik mengenai validasi ide bisnis. Recommended buat kamu tonton!

Source: Youtube/Fellexandro Ruby

4. Prinsip TOTE

TOTE merupakan singkatan dari test-operate-test-exit yang artinya kamu tidak bisa hanya melakukan sekali percobaan dan “boom!”, bisnismu langsung sukses. Thomas Alfa Edison memerlukan seribu kali percobaan untuk bisa menciptakan lampu, begitupun dirimu.

Membangun bisnis artinya harus siap menerima kegagalan dengan memperbaiki kesalahan dan kembali mencoba hingga kamu berhasil.

Bagaimana menyikapi kegagalan? Dr. Indrawan Nugroho memiliki tips yang menarik untuk kamu simak!

Source: Youtube/Dr. Indrawan Nugroho

Penutup

Itu dia empat mindset penting seorang entrepreneur yang harus dimiliki untuk memulai sebuah bisnis.

Sekarang kamu sudah mengetahui dan mempelajari mulai dari menghindari chicken mindset, memiliki semangat longlife learning, berhenti berasumsi dan memulai validasi, serta menjalankan prinsip TOTE atau trial and error.

Baca Juga: Apakah Usaha Sesuai Passion Itu Salah? Pahami Dulu Pengertiannya!

Semoga dengan adanya artikel ini, bisa sedikit memberimu insight mengenai apa saja mindset yang perlu kamu miliki sebagai seorang entrepreneur sebelum memutuskan untuk memulai bisnis.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semangat terus untuk tetap tumbuh dan belajar. Jika kamu tertarik untuk membaca konten lainnya, kamu bisa cek artikel kami di digitumo.com. Sampai jumpa di topik selanjutnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.