fbpx

Facebook vs Instagram: Apa Media Sosial Terbaik Untuk Bisnis?

Media Sosial Untuk Bisnis

Siapa yang tidak menggunakan media sosial pada jaman sekarang? Media sosial sudah menjadi salah satu alat komunikasi paling ampuh untuk berhubungan dengan teman dan keluarga, termasuk untuk berbisnis.

Social Media merupakan salah satu channel marketing paling efektif, termasuk dalam hal biaya, untuk menjangkau dan berinteraksi dengan customer.

Tetapi, untuk bisnis yang baru terjun pada sosial media tentu akan terasa sedikit membingungkan, mana platform dan strategi yang cocok untuk bisnis kamu.

Nah, pada artikel ini kami akan menjelaskan 2 platform Sosial Media yang digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia. Yaitu Instagram dan Facebook. Check it Out!

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Jualan di Instagram Untuk Pemula (Update 2022)

Data Pengguna Media Sosial di Indonesia

Facebook Untuk Bisnis

Facebook adalah salah satu sosial media dengan pengguna aktif bulanan terbanyak. Sampai saat ini, tercatat memiliki 1.8 Miliar pengguna aktif bulanan.

Jika target audiens kamu memiliki target berusia 18 tahun keatas, facebook bisa menjadi platform yang tepat karena kebanyakan pengguna Facebook memiliki usia 18 tahun keatas.

Tidak karena hanya penggunanya, Facebook juga memiliki fitur-fitur yang sangat berguna untuk bisnis kamu. Salah satu fitur terpenting dari Facebook adalah Facebook Ads.

Lewat Facebook Ads, kamu bisa menargetkan pengguna-pengguna yang tertarik dengan produk kamu. Fitur ini bisa memastikan pengguna yang bisa melihat Ads mu adalah pengguna yang kamu targetkan sebelumnya.

PROS

Facebook Insights memberikan beberapa matriks yang bisa membantu mereka untuk menyusun strategi sosial media marketing agar menjadi efektif.

Facebook Business Advertising adalah targeting tools yang memperbolehkan brand kamu untuk menampilkan konten pilihan untuk demographic yang sudah kamu tentukan.

CONS

Facebook Page membutuhkan waktu untuk dikelola. Kamu perlu waktu untuk mengatur waktu posting yang konsisten dan terus berinteraksi dengan audiens kamu di Facebook.

Jadi kamu harus menambahkan fitur Facebook Ads berbayar agar audiens kamu terus bisa melihat ads yang sudah kamu buat.

Tips-tips :

  • Gunakan visual seperti gambar, video clips dan infografis. Konten visual biasa mendapat tempat yang lebih baik di newsfeed Facebook
  • Saat advertising, gunakan Facebook Business Management. Dengan fitur tersebut kamu bisa dengan mudah mengatur iklan yang kamu lakukan baik di Instagram maupun Facebook.
  • fokus dengan percakapan 2 arah antara dengan customer. facebook bekerja lebih baik jika ada lebih banyak interaksi dibanding pesan-pesan broadcast dan sales.

2. Instagram Untuk Bisnis

Instagram adalah sosial media yang juga populer dan banyak digunakan untuk bisnis di tahun 2018.

Instagram lebih dari 700 Juta pengguna yang aktif yang menggunakan aplikasi untuk melihat foto dan video dari teman, keluarga, dan tentunya brand. Menurut data dari Brandwatch, 50% pengguna instagram mem follow akun brand.

Untuk bisnis sendiri, Instagram memang sudah memiliki beberapa fitur yang dikhususkan. Salah satu fitur kelebihan Instagram dibanding sosial media lain adalah kamu bisa membagikan story brand kamu dengan konten visual yang unik dan engaging.

PROS :

Instagram memiliki fitur layanan advertising untuk bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Tidak hanya melalui instagram Advertising, kamu bisa menggunakan fitur hashtag (#) untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Fitur hashtag ini tidak hanya berlaku pada foto saja tapi juga Instagram stories dan IGTV. Dengan begitu kamu bisa menjangkau audiens lebih luas tanpa advertising.

CONS :

Karena instagram adalah platform visual maka, maka kamu perlu memastikan bahwa konten kamu memiliki kualitas gambar yang baik agar kamu sukses di Instagram.

Pengguna Instagram adalah memiliki pengguna yang spesifik, yaitu mobile. Maka kamu mungkin melewatkan audiens dengan pengguna lain.

Pengguna Instagram kebanyakan adalah anak muda dengan rata-rata umur 18-26 Tahun. Jadi kamu mungkin melewatkan audiens lebih luas.

Tips – tips :

  • Jangan posting konten yang tidak sesuai dengan identitas atau image brand kamu. Agar tidak membuat audiens kamu bingung.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan insight postingan kamu, agar kamu bisa memantau mana konten kamu yang memiliki engagement yang tinggi. Dengan begitu kamu bisa menyusun konten yang lebih baik lagi.

Tips – tips Tambahan:

  • Social Media sebagai channel distribusi konten marketing. Konten Marketing adalah satu jenis digital marketing yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan SEO. Dengan sosial media marketing, kamu bisa mendistribusikan konten kamu dengan level berbeda dan dapat menerik audiens lebih baik dan banyak.
  • Fokus, Tidak ada salahnya jika kamu memilih untuk fokus pada satu atau dua platform sosial media dulu sebelum menggunakan beberapa sosial media sekaligus.
  • Optimasi Profil, Isi sosial media kamu dengan semua informasi yang kamu rasa costumer kamu ingin dan butuhkan. Selain itu, gunakan username yang sama untuk setiap platform agar profil kamu mudah ditemukan di platform manapun.

Selain itu, tulis bio yang mendeskripsikan siapa bisnis kamu dan apa yang kalian lakukan.

Penutup

Nah, gimana? Sekarang sudah ada gambaran kan bagaimana caranya memulai branding mu melalui Facebook dan instagram? Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sumber belajar untuk bisa memulai branding bisnismu. Jangan lupa kunjungi web Digitumo.com untuk melihat layanan-layanan yang bisa mempermudah proses bisnis kamu.

Jika kalian ada kritik maupun saran jangan sungkan untuk isi kolom komentar atau langsung DM instagram Digitumo di @digitumo.id. Bye! Sampai jumpa di topik selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.