fbpx

4 Alasan Website Masih Relevan dan Dibutuhkan Untuk Bisnis

Manfaat Website Untuk Bisnis

Dulu website menjadi senjata andalan untuk menjalankan digital marketing. Tapi sekarang, justru banyak online shop yang bisa sukses hanya dengan mengandalkan Instagram dan marketplace.

Masifnya persaingan SEO, semakin ketat algoritma Google, dan channel alternatif yang kian populer seperti social media dan marketplace membuat penggunaan website dianggap tidak menguntungkan.

Apakah website yang pernah jadi “pisau segala fungsi” kini telah tumpul?

Mungkin pertanyaan ini sedang relate dengan kondisimu sekarang, mau bikin website untuk bisnis tapi kok takut sia-sia…

Daripada galau, yuk coba lihat konten berikut ini buat jadi bahan pertibanganmu sebelum buat website.

Apakah Website Masih Dibutuhkan Untuk Bisnis?

Era disrupsi menuntut segalanya untuk adaptif, termasuk dalam hal penggunaan website.

Oleh karena itu, website masih belum bisa dikatakan mati, melainkan mengalami perubahan fungsi dari tools utama digital marketing menjadi supporting tools.

Sekarang sudah bukan lagi zamannya memisah-misahkan channel marketing dimana masing-masing berjalan sendiri. Kombinasi dari berbagai channel seperti social media dan email membuat websitemu bisa berfungsi lebih optimal.

Kamu bisa manfaatkan Youtube, Instagram, atau Medium untuk branding, kemudian arahkan mereka ke websitemu sebagai sarana transaksi langsung.

Jadi, pertanyaannya bukan “apakah website masih diperlukan?”, melainkan “bagaimana cara menggunakan website dengan optimal?”.

Apa Manfaat Website Untuk Bisnis?

1. Membuat Bisnis Kamu Lebih Terpercaya

Menurut survey dari Verisign, 84% konsumen lebih percaya pada bisnis yang mempunyai website dibanding dengan akun media sosial saja.

Selain itu sebuah bisnis akan terlihat lebih kredibel jika memiliki akun domain dan email dengan nama sendiri.

Contohnya email dengan nama admindigitumo@gmail.com tidak lebih dipercayai daripada nama email admin@digitumo.com. Menggunakan email tersebut membuat bisnis kamu lebih terpercaya, profesional, dan menonjol daripada pesaing kamu yang lainnya.

2. Menampilkan Produk dengan Jelas

Jika kamu dalam posisi sebagai konsumen, apa yang akan kamu lakukan sebelum membeli sebuah produk?

Pasti akan mencari tahu dulu bukan? Mulai dari apa saja produk dan layanan yang ditawarkan hingga profil perusahaan.

Fungsi website pun demikian, kamu bisa menambahkan foto, video, artikel, profil perusahaan dll. Sehingga calon konsumen akan percaya dan bisa merasa seperti berada di toko fisik.

3. Menampilkan Review dari Konsumen

Tahukah kamu bahwa 92% dari konsumen melihat review atau testimoni sebelum membeli sesuatu (bigcommerce.com). Selain menghindari penipuan, konsumen juga memastikan kualitas dari produk yang akan dibeli.

Nah, dengan adanya website kamu bisa menampilkan review dari konsumen. Bukan hanya berbentuk teks tapi juga video dan gambar.

4. Kesempatan untuk Memenangkan Persaingan

Di era Digital saat ini mayoritas bisnis sudah Go-Online. Apalagi kompetitor kamu sudah mempunyai website, maka agar tidak kalah bersaing kamu harus membuat website juga.

Dengan membuat website kamu juga mengambil satu langkah lebih maju dibandingkan dengan kompetitor kamu yang belum menggunakan website.

Nah, itu adalah 4 alasan kenapa kamu harus membuat website. Website ternyata sangat penting kan di era Digital ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published.