Kuasai Teknik Storytelling agar Kontenmu Lebih Menarik

You are currently viewing Kuasai Teknik Storytelling agar Kontenmu Lebih Menarik

Storytelling adalah seni interaktif yang menggunakan bahasa tutur, vokalisasi atau menyuarakan baca, gerak tubuh dan isyarat untuk memunculkan elemen dan gambaran sebuah cerita sambil merangsang imajinasi audiens. 

Storytelling dalam pembuatan konten menjadi sangat penting karena konten yang baik akan membuat pembacanya tertarik dan merasa tergerak. Storytelling sangat penting dalam pembuatan konten engagement dan conversion, karena konten dengan teknik storytelling akan dengan mudah menggerakkan pembaca untuk melakukan suatu action.

Tak heran, teknik ini sering digunakan oleh content writer, copywriter, bahkan product manager sekalipun.

Mengapa storytelling sangat penting?

Ada beberapa alasan kenapa storytelling sangat penting dan bahkan harus diprioritaskan dalam pembuatan konten dan dalam melakukan marketing.

  1. Membuat tulisan lebih hidup

Menurut Forbes, storytelling adalah kemampuan dasar manusia yang dapat menyatukan dan membangun koneksi yang lebih kuat dengan orang lain. Storytelling akan membuat konten lebih berwarna dan tidak monoton.

Contohnya kamu ingin membuat konten pemasaran lembaga pendidikan. Maka kamu bisa membuat rangkaian cerita dengan menggambarkan pendidikan didaerah tertinggal Indonesia atau anak-anak yang kesusahan belajar di Palestina dan Yaman. 

Dengan begitu, ada rasa menghargai dan kasih sayang yang tertanam di dalam strategi marketing-mu sehingga melekat dengan pengguna.

  1. Pesan lebih mudah dipahami

Karena menggunakan storyline yang relevan dan menggunakan bahasa yang tidak kaku, maka konten dengan menggunakan storytelling lebih mudah untuk diterima oleh audiens.

Kelebihan ini digunakan oleh Digital Marketer untuk melakukan pemasaran pada produk mereka. Kamu juga bisa menggunakan teknik storytelling untuk mempromosikan produk mu. 

  1. Lebih mudah diingat

Storytelling menggunakan visualisasi atau bahasa yang mengundang imajinasi audiens, storytelling juga bisa membuat audiens tersentuh dan tergerak karena menggunakan materi yang lebih relevan dengan pembaca. 

Contohnya pembuatan konten dengan mengusung topik kesehatan mental. Dengan pengemasan storytelling maka topik ini akan mudah menyentuh audiens karena menggunakan konten yang relevan yang sering terjadi di masyarakat.

Baca juga: Buat Kontenmu Lebih Menarik dengan Creative Writing

4 Rahasia Menciptakan Brand Storytelling yang Efektif 

  1. Bercerita secara sederhana 

Penting untuk menentukan pesan inti dalam cerita yang akan kamu sampaikan. Apabila terlalu panjang audiens juga akan merasa bosan.

Sebaiknya, ringkas waktu dan kata-kata serta tentukan pesan inti yang ingin disampaikan.

  1. Adanya koneksi dengan audiens

Setiap cerita yang digunakan dalam marketing secara tidak langsung akan membangun koneksi dengan audiens lebih dalam. Buat cerita yang relevan dengan keadaan masyarakat saat ini.

Contoh yang bisa kamu gunakan adalah pandemi Covid-19, dimana banyak perusahaan melakukan PHK massal akibatnya banyak pengangguran dimana-mana. Namun hal yang perlu diingat adalah pembuatan konten harus relevan dengan produk mu, dan pastikan ada solusi konkret dalam konten yang kamu buat. 

  1. Kisah yang menyentuh

Buat penggambaran yang bisa menyentuh pembaca. Hal terpenting dalam poin ini adalah tidak semua isu bisa diubah menjadi kisah yang menyentuh.

Pilih dan pilah kisah yang ingin kamu angkat karena kisah yang yang tidak tepat akan membuat audiens kehilangan minat pada konten mu bahkan produk mu.

  1. Narasi yang unik

Keistimewaan storytelling dengan teknik yang lain adalah keunikan narasi di dalamnya. Buat kemasan yang menarik pada konten mu.

Contohnya peristiwa banjir yang terjadi di Jakarta, kamu bisa mengambil sisi lain yaitu genangan banjir tinggi yang digunakan anak-anak berenang. Kemas peristiwa tersebut dengan bahasa yang sederhana dan menarik, tentunya yang sudah relevan dengan campaign yang kamu buat.

Jadi, gimana? Sudah siap untuk menjadi penulis hebat? Hal terpenting yang harus kita perhatikan adalah jangan pernah lelah untuk berlatih, karena tulisan bagus tidak didapat secara instan.  Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sumber belajar untuk bisa memulai bisnis online kalian. Jika kalian ada kritik maupun saran jangan sungkan untuk isi kolom komentar atau langsung dm instagram Digitumo di @digitumo.id atau cek artikel lain di web Digitumo di Digitumo.com. Bye! Sampai jumpa di topik selanjutnya.

Leave a Reply