Mengenal User Interface: Pengertian, Kegunaan, dan Contohnya

You are currently viewing Mengenal User Interface: Pengertian, Kegunaan, dan Contohnya

Jika kamu ingin membuat website atau aplikasi pasti istilah User experience dan User Interface sudah sangat familiar di telingamu.

Artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang User Experience, kini saatnya kita membahas ‘soulmate’ nya yaitu User Interface.

Apa itu User Interface (UI) ?

User Interface adalah tampilan atau visual dari website, hardware atau aplikasi software yang digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna. Kegunaan dari User Interface adalah meningkatkan usability dan pastinya user experience

Sebagai contoh kamu pasti melihat tampilan menu-menu aplikasi pada smartphone bukan? Jika kamu ingin mendownload aplikasi pada playstore pasti kamu akan melihat gambar seperti ini :

Jadi, tampilan UI dirancang dengan menggunakan beberapa aspek. Aspek tersebut berupa layout, desain logo, pemilihan warna dan typography dan hal lainnya yang mempercantik tampilan. Semua elemen yang memperindah tampilan disebut UI.

Mengapa User Interface (UI) Penting Bagi Sebuah Website?

User Interface merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan traffic di website. 

Kita analogikan aplikasi atau website merupakan sebuah hotel. Jika hotel tersebut didesain sangat indah, ornamen yang digunakan unik, maka tidak ada alasan bagi pengunjung untuk tidak berlama-lama di dalam bangunan tersebut atau bahkan menginap di hotel itu. Begitu juga dengan website, memiliki Use Interface yang apik tentu akan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Untuk jelasnya yuk kita baca penjelasannya di bawah ini :

1. Memudahkan Interaksi dengan Pengguna dan Produk

Pada dasarnya UI adalah elemen visual pada produk atau bisnis yang kamu tawarkan. Hal itu termasuk logo, icon, tulisan dan warna. Jika interaksi dapat berlangsung dengan baik maka kebutuhan pengguna dalam aplikasi atau website mu akan terpenuhi.

Jika pengguna merasa puas dengan aplikasi atau website mu maka hal itu akan menambah loyalitas pengguna.

2. Meningkatkan Kualitas Branding

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa UI sangat penting dalam berinteraksi dengan pengguna, namun tidak hanya itu, UI juga bisa menjelaskan ciri khas dari sebuah produk.

Contohnya dalam website Pertamina :

www.pertamina.com

Jika kita bisa lihat, website Pertamina di dominasi oleh warna merah dan putih. Sebagai perusahaan BUMN, identitas Indonesia sangat penting sebagai branding perusahaan. 

Ada beberapa karakteristik UI yang perlu kamu perhatikan. Yuk simak penjelasan dan contohnya.

Karakteristik User Interface (UI) yang Baik dan Contohnya

1. Responsif

UI yang responsif berarti desain yang kamu pakai bisa digunakan dan sesuai dengan perangkat apapun, baik mobile, tablet maupun website.

Coba bayangkan bagaimana jika kamu membuat desain UI hanya untuk website, maka desain jika dibuka melalui mobile akan jadi berantakan dan tidak tertata, hal tersebut bisa membuat pelanggan tidak betah dan tidak mau berkunjung lagi di website mu.

Jadi pastikan website kamu responsif ya.

2. Konsisten 

Konsistensi pada User Interface mempermudah pengguna untuk memahami tampilan website kamu.

Apabila desain yang kamu gunakan tidak konsisten itu membuat pengguna akan mempelajari tata letak dan penggunaan website kamu mulai dari awal. Sehingga usahakan desain yang digunakan dari halaman satu ke halaman lain tidak jauh berbeda.

Berikut contoh desain dengan konsistensi yang baik di bawah ini :

Seperti gambar diatas, desain UI web tersebut tidak jauh berbeda dari halaman satu ke halaman lain. Warna yang digunakan juga konsisten.

3. Jelas dan Ringkas

Desain UI yang jelas dan rimgkas membuat pengunjung lebih cepat mengetahui identitas bisnis kamu. Jika UI memiliki banyak deskripsi maka pengunjung akan lebih fokus membaca tulisan yang ada dibanding dengan informasi inti dari bisnis kamu. Desain yang tidak ringkas juga dapat membuat tampilan website kamu jadi berantakan.

Coba lihat perbandingan UI pada 2 website berikut ini :

Contoh desain UI yang ringkas dan jelas :

Contoh desain UI yang berantakan :

Nah, sekarang kamu bisa lihat kan website yang jelas dan ringkas itu seperti apa.

Simpulan

Tampilan UI sangat penting dalam meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis kamu. Desain UI yang baik juga menjadi cara yang mudah melakukan branding dengan maksimal namun lebih efisien dan efektif. 

Nah, gimana? Sekarang sudah ada gambaran kan bagaimana makeup website kamu agar lebih menarik. Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sumber belajar untuk bisa memulai bisnis online kalian. Jika kalian ada kritik maupun saran jangan sungkan untuk isi kolom komentar atau langsung dm instagram Digitumo di @digitumo.id . Bye! Sampai jumpa di topik selanjutnya.

Leave a Reply