fbpx

Introvert Jadi Entrepreneur Handal? Siapa Takut!

Introvert Entrepreneur

Dalam artikel Digitumo kali ini kita akan membahas salah satu tipe kepribadian manusia yaitu Introvert.

Introvert adalah tipe kepribadian orang-orang yang memiliki ciri lebih fokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya sendiri, dibandingkan dengan stimulasi eksternal dari lingkungan di sekitarnya.

Pemilik kepribadian introvert masih bisa berinteraksi dengan baik bersama orang lain. Hanya saja, setelah menghabiskan waktu berkumpul dengan banyak orang, seseorang yang introvert akan membutuhkan waktu menyendiri untuk kembali mengembalikan energinya. 

Berbeda dengan ekstrovert, ekstrovert adalah orang-orang yang membutuhkan kerumunan atau bertemu dengan banyak orang untuk mengisi energinya.

Lantas bagaimana seorang introvert dalam dunia bisnis? Apakah introvert bisa menjadi entrepreneur sukses? Kita bahas bersama yuk!

Introvert Menjadi Entrepreneur, Emang Bisa?

Sadarkah kamu bahwa kesuksesan tidak dinilai berdasarkan tipe kepribadian seseorang, baik ekstrovert maupun introvert,mereka mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Kami punya beberapa tips untuk kamu para introvert agar hal yang kamu kira itu adalah kelemahan malah menjadi kekuatan yang besar yang bisa kamu terapkan dalam organisasi atau entrepreneurship. 

Tips Menjadi Introvert Entrepreneur

1. Sadari Kelebihan dan Kekurangan Diri

Entrepreneur introvert mampu melihat kelebihan dan kekurangan dalam dirinya dan bisnisnya.

Introvert memiliki beberapa sifat yang justru jadi kelebihan dalam berbisnis. Tipe kepribadian introvert punya kecenderungan kontemplatif dan lebih berpikir mendalam, jadi gunakanlah kemampuan tersebut untuk mencari solusi terbaik untuk bisnismu.

Elon Musk yang sering disebut sebagai “Steve Jobs berikutnya” pernah jadi insinyur yang tertutup dan sangat pendiam di masa lalu. Namun, Elon Musk sadar tentang kelemahan dari kepribadian introvertnya ini ketika lingkungannya lebih menyukai tipe kepribadian ekstrovert. Kemudian ia berusaha untuk mengembangkan kelemahannya sebagai seorang introvert jadi kelebihan dengan mengubah komunikasi dan sosialisasinya menjadi lebih terbuka mengemukakan ide dan gagasan.

Begitu pun dengan Larry Page, salah satu pendiri Google, dikenal sebagai sosok yang misterius, karena tipe kepribadian introvertnya yang sangat pendiam dan “culun.” Namun, kelebihan dari tipe kepribadian introvert yang selalu terlihat tenang dan stabil secara emosi membuatnya dapat menciptakan produk baru yang inovatif dan menciptakan brand unik yang masih bertahan hingga kini.

Inovatif adalah kelebihan jadi seorang entrepreneur introvert.

2. Manfaatkan Kolaborasi

Jika kamu menyadari bahwa kamu bukan orang yang mudah bergaul dan akrab dengan orang lain, temukan atau cari partner atau rekan kerja yang bisa melengkapi kekurangan tersebut.

Tips sukses jadi entrepreneur introvert sukses bagi seseorang dengan tipe kepribadian introvert adalah menemukan partner yang tepat!

Tipe kepribadian introvert perlu mencontoh tips sukses jadi entrepreneur dari Bill Gates. Mengapa Bill Gates? Siapa yang tidak kenal pendiri Microsoft ini. Tips sukses Bill Gates jadi entrepreneur sukses adalah dengan memanfaatkan kolaborasinya dengan orang-orang di sekitarnya untuk melengkapi kekuatan dan kelemahan kepribadian introvertnya.

3. Kemampuan Mendengarkan

Hal utama yang membedakan orang introvert dari orang ekstrovert adalah kemampuan mereka dalam mendengarkan. Orang ekstrovert lebih suka berbicara sehingga terkadang lupa untuk memberikan waktu bagi orang lain. Dalam menangani klien, orang introvert lebih dapat diandalkan karena mampu mendengarkan klien selama berjam-jam. Sifat mereka yang perhatian membuat orang lain nyaman untuk menyampaikan pendapat mereka.

4. Independen

Orang introvert adalah orang yang independen atau mandiri. Sementara orang ekstrovert membutuhkan lingkungan sosial yang luas untuk berkembang. Orang introvert lebih berani dalam berkarya karena mereka tidak terlalu bergantung pada pendapat orang lain.

Saat orang ekstrovert membutuhkan orang lain untuk membantu mereka mengambil keputusan, orang introvert menggunakan waktu kesendiriannya untuk menentukan keputusan terbaik yang harus diambil. Contohnya adalah Abraham Lincoln, presiden Amerika Serikat ke 16 dan 17. Selama pemerintahannya, ternyata Abraham diketahui sering menyendiri sebelum mengambil keputusan.

Penutup

Seperti contoh yang sudah telah dijabarkan diatas, ternyata para introvert mempunyai banyak kelebihan ya, dalam sisi tenang, pendiam dan menyukai kesendirian sangat membantu para introvert untuk berbisnis dengan cermat dan teliti.

Jadi siapa bilang introvert tidak bisa sukses? itu HANYA MITOS. Selalu ingat bahwa setiap individu mempunyai kelebihan dan kekurangan, yang terpenting adalah bagaimana kita mengaturnya, oke? Semangat!

Jika ingin membaca artikel dari kami yang lainnya, jangan lupa untuk cek blog Digitumo di Digitumo.com. See you!

Leave a Comment

Your email address will not be published.