Digital Marketing : Tips dan Trik Panduan untuk Pemula

You are currently viewing Digital Marketing : Tips dan Trik Panduan untuk Pemula

Digital Marketing atau Pemasaran secara digital adalah aktivitas marketing yang menggunakan teknologi internet, seperti website, sosial media, email dll. Keuntungan menggunakan Digital Marketing dibandingkan dengan Offline Marketing adalah Digital Marketing dapat menjangkau audiens atau konsumen lebih luas, Digital Marketing juga dapat melakukan pemasaran lebih cepat dan mudah sekaligus kamu dapat mengukur keberhasilan saat campaign mu sedang berjalan dan yang tidak kalah penting Digital Marketing tidak membutuhkan banyak biaya.

Oke, sekarang kita bahas tips dan trik agar aktivitas Digital Marketing mu sukses dan efektif.

Pilih SDM (Sumber Daya Manusia) dan Metode Pemasaran 

Skill atau pengetahuan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang marketer?

  1. Communication Skill, kamu harus mampu mengkomunikasikan produk kamu kepada banyak orang agar produk yang kamu pasarkan dapat dikenal.
  2. Creative thinking, kamu harus memiliki ide-ide yang inovatif dan out of the box. Kamu bisa menyesuaikan dengan caramu sendiri ya, karena setiap orang memiliki cara masing- masing untuk mendapatkan ide. Kamu juga bisa berdiskusi dengan teman-teman mu agar ide yang diciptakan lebih bervariasi.

Pemilihan Digital Marketing dan Offline Marketing bisa diketahui melalui audiens nya, mungkin kamu bisa menggunakan kedua nya, namun jika target audiens mu banyak yang menggunakan teknologi maka menggunakan Digital Marketing akan lebih pas.

Tentukan Target Audiens yang Tepat

Tentukan kriteria customer mulai dari usia, tingkat pendapatan, hobi dan perangkat yang digunakan. Pastikan agar target audiensnya fokus dan merinci dengan begitu identitas produk yang akan kamu buat akan semakin jelas.

Gunakan Media Sosial untuk Pemasaran

Berdasarkan hasil riset Wearesocial Hootsuite yang dirilis pada Januari 2019, Pengguna Media Sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi.

Berikut 5 Tips yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk kamu di sosial media :

  1. Bagikan konten yang berkualitas dan original, usahakan selalu membuat konten yang menarik dan memiliki keunikan agar meningkatkan engagement.
  2. Respon customer dengan profesional, Beri respon positif dan cepat agar customer percaya pada bisnis kamu.
  3. Maksimalkan visual pada konten, berikan infografis, video atau gambar yang menarik agar customer kamu tidak bosan.
  4. Jangan menggunakan banyak platform media sosial, Minimal gunakan 2 media sosial terbaik dan maksimal kan konten pada media itu.
  5. Perhatikan frekuensi konten hard selling di sosial media, promosi yang memaksa akan menjadikan customer terganggu.
Infografis Sosial Media Marketing

Kamu bisa gunakan Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram dll. Pastikan menggunakan media sosial yang sesuai dengan target audiens kamu ya.

Iklan atau Ads

Dalam sebuah produk, iklan menjadi senjata untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas. Maka dari itu, iklan harus dibuat menarik, jelas, informatif, dan menggunakan kata-kata yang persuasif. 

Pilihan beriklan sangat beragam mulai dari Google Ads, Twitter Ads, Facebook Ads dan Instagram Ads. Setiap iklan di media sosial mempunyai kelebihan masing-masing. Dari target audiens yang sudah kamu buat, kamu bisa tentukan mana media sosial ads yang paling tepat dengan target audiens kamu.

Sekian Tips dan Trik Panduan untuk pemula bagaimana membuat campaign bisnis kamu menggunakan Digital Marketing. Dari semua tips dan trik di atas hal yang paling penting adalah jangan mudah menyerah. Dengan fokus dan yakin, percaya bahwa bisnis kamu akan sukses.

Leave a Reply