Customer Value : Pengertian, Faktor dan Cara Mengukurnya

You are currently viewing Customer Value : Pengertian, Faktor dan Cara Mengukurnya

Menciptakan produk yang baik dan memuaskan konsumen adalah hal terbaik dalam berbisnis. Untuk membuat konsumen puas tentu bukan hal yang mudah, maka perlu adanya Customer Value.

Tidak hanya itu, dengan Customer Value kamu dapat menentukan harga yang sesuai dengan manfaat produk atau layanan hingga memenangkan persaingan dengan kompetitor.

Bagaimana caranya, Yuk kita bahas bersama!

Pengertian Customer Value

Customer Value adalah tingkat kepuasan yang didapatkan konsumen dari membeli sebuah produk atau layanan yang sesuai dengan harganya.

Namun, bukan hanya harga satu-satunya faktor yang membuat konsumen puas. Ada beberapa aspek lain seperti kualitas produk, manfaat jangka panjang dan awareness brand.

Apakah Customer Value selalu ada ditangan konsumen? Tentu tidak!

You can’t fulfill all the customer guts. Tapi, kamu bisa membuat mereka agar menginginkan penawaran kamu. Disitulah peran strategi marketing.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Customer Value  

Customer Value dapat dipengaruhi beberapa faktor, berikut contohnya :

  1. Fungsi produk atau layanan. Fungsionalitas produk sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk yang sama. 
  2. Unique Selling Point . Terobosan-terobosan dan ide baru yang diperlukan untuk menjaga keberlangsungan bisnis, agar bisnis ikut bergerak, seiring perkembangan zaman yang juga bergerak.
  3. Harga. Harga yang sesuai dengan kualitas dan fungsionalitas produk sangat berpengaruh dalam pertimbangan konsumen dalam membeli produk. Penerapan diskon dan promo juga sangat membantu dalam menjaga loyalitas konsumen.
  4. Kualitas. Jaga kualitas produk, gunakan bahan-bahan yang baik dan lakukan review sebelum dijual ke pasaran.
  5. Pelayanan. Pelayanan yang baik, seperti merespon pelanggan dengan cepat dan gunakan bahasa yang ramah sangat mempengaruhi mood konsumen dalam membeli produk.
  6. Preferensi Target Konsumen. Preferensi merupakan kesukaan konsumen, faktor ini merupakan, faktor yang sulit untuk kita kontrol;
  7. Branding dan Pemasaran. Pengenalan produk merupakan salah satu strategi dalam Digital Marketing, agar produk semakin dikenal oleh target konsumen.
  8. User Experience atau pengalaman yang didapatkan konsumen saat menggunakan produk atau layanan

Di antara poin-poin di atas, kamu dapat melihat ada beberapa faktor yang berasal dari konsumen. Artinya, faktor-faktor tersebut tidak dapat sepenuhnya kamu kontrol. Misalnya, preferensi target konsumen dan pengalaman mereka saat menggunakan produk.

Untuk itu kamu harus menentukan strategi yang pas untuk memenangkan hati konsumen. But How?? 

Tips Mengembangkan Customer Value 

1. Buat Target Konsumen Memahami Value Produk Kamu 

Salah satu sarana yang tepat untuk menjelaskan value produk adalah website. Dengan website, kamu dapat menampilkan manfaat-manfaat yang ingin kamu berikan melalui produk tersebut beserta fitur yang mendukungnya.

Namun, bukan hanya website yang membuat target konsumen memahami value produk kamu. 

2. Berikan Pelayanan Terbaik 

Kamu pasti sering menemukan barang yang bagus, harga yang baik tapi ternyata 

toko atau brand tersebut mempunyai rating yang buruk. Kamu bisa mengecek dengan melihat pelayanan mereka.

Harga yang baik dan barang yang bagus bukan menjadi faktor mutlak berkualitasnya sebuah brand. Maka pastikan bahwa kamu memberikan pelayanan yang ramah, pengiriman produk yang sesuai dan berpakaian yang rapi.

Jangan lupa untuk aktif menjawab pertanyaan melalui DM atau kolom komentar.

3. Jangan Sungkan Meminta Masukan dari Pelanggan 

Pencapaian yang sangat baik jika kamu memiliki pelanggan. Tapi hal yang harus kamu ingat adalah konsumen selalu ingin produk yang konsisten memberikan kepuasan.

Maka jangan lupa untuk meminta pendapat konsumen, apa yang harus kamu lakukan untuk melakukan pembaruan dan perbaikan.

4. Ciptakan Unique Selling Point Baru Sebelum Kompetitor 

Kompetitor tidak akan tinggal diam saat ada pembaruan. Seperti kamu, mereka juga ingin melakukan hal-hal yang lebih maju.

Maka sebelum mereka bergerak, kamu sudah harus memikirkan ide atau terobosan baru yang dikembangkan menjadi Unique Selling Point dan Value produk kamu dan segera lakukan pengenalan kepada konsumen.

Sekarang kamu sudah mengenal customer value, kan? Dengan memahaminya, kamu dapat memberikan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Customer value memungkinkan kamu untuk memenangkan hati konsumen, bahkan di industri dengan persaingan ketat sekalipun.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan bisnis dan pemasaran yang kamu lakukan. Jangan lupa untuk mengunjungi blog Digitumo untuk baca artikel lain. Sampai bertemu di artikel Digitumo selanjutnya. See You!

Leave a Reply