fbpx
customer value adalah

Ketahui Pengertian Customer Value dan Perannya Terhadap Kepuasan Konsumen!

Kepuasan konsumen adalah hal utama yang harus didapatkan serta dijaga oleh perusahaan demi meraih keuntungan dan pertumbuhan bisnis. Untuk bisa membuat konsumen merasa puas tentu bukan hal yang mudah, makanya kamu perlu mengenal konsep Customer Value.

Memangnya kenapa harus tahu konsep customer value? Karena, dalam konsep customer value kamu akan mengerti bahwa kepuasan konsumen tidak hanya akibat dari satu faktor saja seperti harga atau pelayanan. Customer value adalah kumpulan faktor yang melahirkan kepuasan konsumen.

Pada artikel ini, kamu akan mengetahui terkait apa itu customer value, faktor-faktor apa saja yang ada pada customer value, cara mengukur customer value, serta tips mengembangkan customer value sebagai upaya meningkatkan kepuasan konsumen. Selamat membaca!

Pengertian Customer Value

Customer value adalah total manfaat yang diterima oleh seorang konsumen dibandingkan dengan total pengorbanan yang harus konsumen keluarkan dari pembelian suatu produk atau jasa.

Manfaat yang diterima tidak hanya dalam bentuk fisik atau dapat dirasakan secara langsung, melainkan juga manfaat yang tidak berwujud atau tidak terasa secara langsung.

Dengan mengetahui customer value pada bisnismu, kamu akan memahami apakah manfaat yang didapatkan oleh konsumen dari produk atau jasamu sudah sebanding dengan pengorbanan mereka atau belum, serta apa saja faktor yang bisa kamu kembangkan demi meningkatkan kepuasan konsumen.

Simpelnya, rumus dari customer value adalah manfaat produk atau jasa dikurangi harga produk atau jasa (customer value = manfaat – harga). Semakin besar manfaat atau semakin kecil harga maka akan semakin tinggi juga kepuasan konsumen atau customer value.

Lalu, apakah customer value selalu ada ditangan konsumen? Tentu tidak. You can’t fulfill all the customer guts. Tapi, kamu bisa membuat mereka agar menginginkan penawaran kamu. Disitulah peran strategi marketing.

Baca juga: Cara Mulai Bisnis Online untuk Pemula (Panduan Lengkap)

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Customer Value  

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, customer value tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor saja seperti harga atau pelayanan, melainkan ada banyak faktor yng tentunya harus kamu ketahui agar bisa meningkatkan kepuasan konsumen.

Berikut adalah daftar faktor apa saja yang ada pada customer value:

  1. Unique Selling Point . Inovasi dan ide baru yang ada pada suatu produk atau jasa dapat menjadi nilai plus yang membedakannya dengan kompetitor. Tentunya poin pembeda ini juga bisa meningkatkan kepuasan pembeli dengan syarat tetap harus menjawab kebutuhan konsumen.
  2. Fungsi produk atau jasa. Seberapa penting fungsi suatu produk atau jasa dalam membantu permasalahan konsumen, hal ini akan sangat memengaruhi kepuasan pelanggan. 
  3. Kualitas. Tanpa adanya kualitas maka seunik dan sebermanfaat apapun produk atau jasanya, konsumen tidak akan puas dan meninggalkan produk atau jasa tersebut. Jaga kualitas seperti bahan-bahan terbaik dan lakukan uji kelayakan sebelum produk atau jasa dijual ke pasaran.
  4. Harga. Harga yang sesuai dengan kualitas dan fungsionalitas produk sangat berpengaruh dalam pertimbangan konsumen dalam membeli produk. Penerapan diskon dan promo juga sangat membantu dalam menjaga loyalitas konsumen.
  5. Pelayanan. Pelayanan yang baik seperti merespon pelanggan dengan cepat dan menggunakan bahasa yang ramah akan sangat mempengaruhi mood konsumen dalam membeli produk.
  6. Branding dan marketing. Produk atau jasa dengan brand yang dikenal dan memiliki reputasi akan memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumennya karena mampu meningkatkan status sosial mereka.
  7. Preferensi Target Konsumen. Preferensi merupakan minat atau kesukaan konsumen. Kenali konsumenmu dengan baik agar kamu bisa memenuhi kebutuhan mereka.
  8. User Experience. Pengalaman yang baik akan mampu menutupi kekurangan lain dari produk atau jasa sehingga pengalaman konsumen saat menggunakan produk atau jasa sangat menentukan apakah konsumen puas atau tidak.

Di antara poin-poin di atas, ada beberapa faktor yang berasal dari internal bisnis dan bisa dikontrol seperti keunikan, fungsi, kualitas, pelayanan, harga, dan brand. Namun, ada juga faktor yang berasal dari konsumen seperti preferensi dan pengalaman mereka. Artinya, faktor-faktor tersebut tidak dapat sepenuhnya kamu kontrol.

Meskipun begitu, kamu masih bisa mengoptimalkan setiap faktor yang ada pada customer value dengan menggunakan strategi yang tepat untuk memenangkan hati konsumen. Mau tahu caranya?

Baca juga: Apa Itu Open Minded: Arti, Manfaat, dan Penerapannya Sebagai Entrepreneur

Tips Mengembangkan Customer Value 

1. Pastikan Konsumen Memahami Value Produk 

Produk yang baik tentunya memiliki value seperti manfaat, kelebihan, dan keunikan yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Namun, konsumen tidak akan bisa mengetahui value tersebut dengan sendirinya. Tugasmu adalah memastikan agar konsumen memahami value dari produk kamu dengan brand awareness.

Ada banyak media yang bisa digunakan untuk mengedukasi konsumen seperti website, social media, email marketing, periklanan, dan sebagainya. Dengan media-media tersebut, kamu dapat memberikan informasi mengenai manfaat, kelebihan, tau keunikan produk.

2. Layani Konsumen Sebaik Mungkin

Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, konsumen bisa dengan mudah melihat rating sebuah toko untuk mengetahui bagaimana pelayanan mereka. Kamu pasti mungkin pernah menemukan produk berkualitas, harganya cocok, tapi ternyata toko atau brand tersebut mempunyai rating yang buruk.

Harga yang terjangkau dan barang yang bagus bukan menjadi faktor mutlak kepuasan pelanggan. Pastikan bahwa kamu memberikan pelayanan yang ramah, pengiriman produk yang tepat waktu, fasilitas toko yang nyaman, serta aktif dan ramah menjawab pertanyaan di social media.

3. Jangan Ragu Meminta Saran Konsumen 

Pencapaian yang sangat baik jika kamu memiliki banyak konsumen. Namun, hal yang harus kamu ingat adalah konsumen selalu ingin produk yang konsisten memberikan kepuasan.

Maka jangan lupa untuk meminta pendapat konsumen, apa yang harus kamu lakukan untuk melakukan pembaruan dan perbaikan. Karena seberapa baikpun kamu mengenali konsumen, mereka selalu jauh lebih paham dengan apa yang mereka butuhkan.

4. Ciptakan Unique Selling Point Baru Sebelum Kompetitor 

Kompetitor tidak akan tinggal diam saat ada pesaing lain. Seperti kamu, mereka juga ingin melakukan hal-hal yang lebih baik dibandingkan dengan perusahaan sejenis lainnya.

Maka sebelum mereka bergerak, kamu sudah harus memikirkan ide atau terobosan baru yang dikembangkan menjadi unique selling point dan jangan lupa untuk mengenalkannya kepada konsumen.

Sudah Paham Apa Itu Customer Value?

Sekarang kamu sudah mengenal customer value, kan? Dengan memahaminya, kamu dapat mengoptimalkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Pemahaman mengenai customer value akan memungkinkan kamu untuk memenangkan hati konsumen, bahkan di industri dengan persaingan ketat sekalipun.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan bisnis dan pemasaran yang kamu lakukan. Jangan lupa untuk mengunjungi blog Digitumo untuk baca artikel lain dan ikuti akun Instagram Digitumo di @digitumo.id. Sampai bertemu di artikel Digitumo selanjutnya. See You!