fbpx
coworking space malang

4 Rekomendasi Coworking Space di Kota Malang

Bagi kaum milenial, kamu pasti sudah sering mendengar istilah coworking space. Nah, khusus untuk kamu yang tinggal di Malang dan membutuhkan tempat yang nyaman untuk bekerja, kami akan berikan 4 rekomendasi coworking space di Kota Malang.

Sebelum membahas rekomendasi co-working space di Kota Malang, mari kita kenalan dulu dengan coworking space. Coworking space adalah tempat yang digunakan untuk bekerja, menghasilkan karya secara bersama baik antar individu maupun perusahaan yang memiliki latar usaha berbeda.

Coworking space mengedepankan konsep sharing atau berbagi. Dalam satu ruangan terdapat berbagai individu, komunitas, maupun perusahaan, khususnya start-up. Biasanya terdapat satu ruangan terbuka untuk digunakan bersama dan ruangan-ruangan kecil yang dapat disewa oleh individu, komunitas, atau perusahaan.

Coworking Space menjadi jawaban atas permasalahan biaya gedung yang terus meningkat. Karena kantor sudah disediakan oleh penyedia coworking space, pengusaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa gedung, membeli furniture, dan membayar internet. Pengguna bisa langsung bekerja dan fokus melakukan bisnis.

Tidak hanya itu, adanya beragam komunitas, startup dan organisasi yang berkumpul di satu tempat yang sama dapat memberimu peluang untuk membangun relasi dengan banyak orang dari latar belakang pekerjaan dan perusahaan yang berbeda. Kamu bahkan bisa juga melakukan kolaborasi proyek dengan orang atau perusahaan lain yang berada di satu coworking space yang sama.

Kamu sedang ingin merintis bisnis online atau startup? Jangan asal mulai, lihat panduan cara mulai bisnis online di sini.

Fasilitas-fasilitas Coworking Space 

Penyedia coworking space biasanya sudah menyediakan fasilitas dasar untuk tempat bekerja seperti meja dan kursi kerja, koneksi internet, meeting room untuk bertemu dengan klien dan juga diskusi tim, serta minuman seperti air mineral, teh, dan kopi. Pengguna juga akan dibantu oleh resepsionis profesional untuk penerimaan surat dan paket yang masuk. Sebagian coworking space juga menyediakan alamat virtual untuk keperluan legalitas.

Namun perlu diketahui bahwa kantor yang disiapkan coworking space merupakan kantor yang berbayar tergantung waktu penggunaannya. Pastikan bahwa kamu sudah riset terkait hal ini sebelum kamu menentukan akan memilih coworking space yang mana. Nah, berikut adalah daftar coworking space di Kota Malang beserta fasilitas dan biaya yang diperlukan.

Rekomendasi Coworking Space Malang 

1. The Bros Coffee and Coworking

Ingin bekerja di coworking space dengan suasana seperti cafe di Malang? The Bros dengan tagline-nya “coffe and co working space” bisa jadi pilihan tepat. Konsep ruang kerja yang ada di The Bros memiliki susunan meja yang mirip seperti di cafe.

Kamu bisa memilih pakethot seat untuk meja individu atau cluster table untuk meja kerja bersama tim selama 4 jam dengan membeli makanan atau minuman seharga minimal Rp 30.000 atau Rp 110.000 saja.

The Bros juga menyediakan fasilitas lain seperti ruang khusus untuk meeting, ruang untuk mengadakan event, dan focus room atau ruang tertutup untuk bekerja remote. Meeting room bisa digunakan dengan biaya Rp 100.000 per jam dan event room bisa disewa seharga Rp 500.000 per 3 jam. Sedangkan focus room bisa kamu gunakan secara gratis setelah kamu memilih paket hot seat atau cluster table.

Tentu saja yang tidak kalah menarik dari tempat ini adalah pilihan menu kopi yang disediakan. Kamu bisa menikmatinya di cozy room sambil membaca majalah, menonton televisi, atau bermain games bersama rekan kerja. The Bros beralamat di Komplek Mayang dan Hompila, Jalan Buring, Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang.

Daftar fasilitas dan harga:

  • Hot seat (minimal Rp 30.000): meja kerja individu, gratis internet, air mineral, serta focus room dan cozy room.
  • Cluster table (minimal Rp 110.000): meja kerja bersama, gratis internet, air mineral, toilet khusus, serta focus room dan cozy room.
  • Meeting room (Rp 100.000 per jam): meja meeting, papan tulis, stationary, gratis internet, dan air mineral. Maksimal 10 orang.
  • Event room (Rp 500.000 per 3 jam): peralatan untuk event, gratis internet, dan air mineral. Maksimal 50 orang.

2. Ruang Perintis

Ruang Perintis merupakan coworking space yang dirancang secara khusus bagi startup yang membutuhkan tempat bekerja dan berkolaborasi. Coworking space ini didirikan oleh dosen jurusan bisnis di Universitas Brawijaya bernama Brillyanes Sanawiri.

Secara desain interior, Ruang Perintis memiliki suasana yang ergonomi dan aesthetic sehingga memiliki vibes yang mendorong kreativitas. Hal ini selaras dengan target pengguna Ruang Perintis yang rata-rata adalah startup. Selain itu, tersedia beberapa fasilitas penunjang kerja seperti internet, ruang konferensi, dapur komunal, printer, scanner, dan mesin fotokopi.

Ada beberapa pilihan paket yang tersedia untuk menggunakan coworking space di Ruang Perintis. Pertama adalah paket personal yang bisa kamu sewa seharga Rp 25.000 per jam. Kedua, ada paket startup team Rp 100.000 per jam dan jika ingin menjadi member reguler maka kamu bisa menawar harga tersebut. Terdapat juga meeting room dengan harga Rp 75.000 per jam, kamu juga akan mendapatkan peralatan meeting seperti papan tulis, LCD projector, dan internet.

Ruang Perintis juga sering mengadakan event terkait entrepreneurship dan startup. Jika kamu mendaftar menjadi member aktif Ruang Perintis, kamu akan mendapat layanan tambahan berupa program mentorship untuk membangun startup, kesempatan mengembangkan jaringan, dan mengikuti event Ruang Perintis secara gratis. Alamat dari coworking space ini adalah Jalan Candi Sawentar, Mojolangu, Lowokwaru, Kota Malang.

Daftar fasilitas dan harga:

  • Paket personal (Rp 25.000/jam): meja kerja individu, internet, printer, scanner, mesin fotokopi, dan dapur komunal.
  • Paket startup team (Rp 100.000/jam): meja kerja team, internet, printer, scanner, mesin fotokopi, dan dapur komunal.
  • Paket meeting room (Rp 75.000/jam): meja meeting, papan tulis, LCD projector, internet, printer, scanner, mesin fotokopi, dan dapur komunal.
  • Daftar member aktif: program mentorship bisnis, kesempatan networking, event gratis.

3. Ngalup.co

Ngalup Coworking Space
Source: ngalup.co

Dulu, Ngalup dikenal hanya sebagai coworking space saja. Namun, saat ini Ngalup sudah mengubah identitasnya sebagai Ngalup Collaborative Network. Dengan visinya yaitu “one stop solution for every business”, Ngalup menyediakan wadah bagi para talent, stakeholders, dan berbagai lini bisnis untuk berkolaborasi dan berjejaring.

Ngalup menawarkan beberapa paket yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Pertama adalah paket coworking seat dengan fasilitas satu set meja dan kursi, printer, dan internet dengan harga mulai Rp 95.000 per hari. Kedua, ada paket private office atau ruang tertutup untuk suasana kerja yang lebih kondusif. Fasilitas yang didapatkan pada paket ini adalah dua set meja dan kursi, printer, dan internet dengan biaya mulai dari Rp 425.000 per minggu.

Untuk fasilitas meeting room, kamu bisa sewa mulai dari Rp 200.000 per jam. Kamu akan mendapatkan fasilitas seperti wireless mic, alat tulis, 55 inci LD TV, Android TV box mini, dan speaker. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan katering, lunch box, coffee break, atau light meal dengan biaya tambahan tentunya.

Terakhir, ada fasilitas event hall untuk mengadaka acara-acara besar. Fasilitas yang didapatkan adalah 80 kursi, 30 meja, 4 wireless mic + audio mixer, wireless presenter + laser pointer, alat tulis, projector, dan speaker.

Ada juga fasilitas umum seperti pantry, common area, tempat ibadah, dan wellness room atau ruang santai. Alamat Ngalup berada di Jalan Simpang Wilis Indah, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur (65115).

Daftar fasilitas dan harga:

  • Coworking space (mulai dari Rp 95.000/hari): satu set meja dan kursi, printer, dan internet.
  • Private office (mulai dari Rp 425.000/minggu): ruang privat, dua set meja dan kursi, printer, dan internet.
  • Meeting room (mulai dari Rp 200.000/jam): meja meeting, wireless mic, alat tulis, 55 inci LD TV, Android TV box mini, dan speaker.
  • Event hall (mulai dari Rp 350.000/jam): 80 kursi, 30 meja, 4 wireless mic + audio mixer, wireless presenter + laser pointer, alat tulis, projector, dan speaker.

4. 7 Seven Chicken

Ruang kerja bersama dengan cafe mungkin sudah biasa. Tapi ada yang beda dari 7 Seven Chicken, coworking space Kota Malang yang satu ini mengusung konsep all-in-one yang menggabungkan restoran cepat saji di lantai paling bawah, kafe di lantai dua, dan ruang kerja bersama di lantai paling atasnya.

Tempat ini juga direkomendasikan apabila kamu bekerja pada jam-jam tak menentu seperti malam hari karena 7 Seven Chicken buka 24 jam setiap hari. Suasana yang dinamis dan desain interior yang instagramable juga menjadi daya tarik orang berkunjung untuk makan atau bekerja.

Untuk fasilitas coworking space, kamu bisa menggunakan meeting room selama 1-2 jam dengan syarat memesan makanan minimal seharga Rp 300.000. Meeting room bisa diisi hingga 10 orang dan tersedia berbagai peralatan meeting seperti papan tulis, projector, meja, dan kursi.

Kamu bisa datang ke Kompleks Ruko Grand Soekarno Hatta, Mojolangu, Lowokwaru untuk bekerja dengan nyaman sambil menikmati lezatnya menu fried chicken dari 7 Seven Chicken.

Apa Coworking Space Malang Pilihanmu?

Coworking space hadir sebagai solusi bagi siapa saja yang ingin bekerja dengan manfaat lebih besar dan biaya yang lebih kecil. Semoga dengan artikel Digitumo kali ini bisa membuat kamu bernafas lebih lega, karena kamu tidak perlu memikirkan lagi dimana kamu harus bekerja dengan fasilitas lengkap dan nyaman. 

Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat dan ikuti Instagram kami di @digitumo.id untuk dapatkan update konten harian dari kami. Sampai jumpa di postingan Digitumo selanjutnya. See You!