Bikin Usaha Sesuai Passion, Apakah Salah?

  • Post category:Tips Bisnis
  • Reading time:3 mins read
You are currently viewing Bikin Usaha Sesuai Passion, Apakah Salah?

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa bekerja sesuai passion merupakan hal yang terbaik. Namun apakah harus selalu begitu? kapan kita harus berkompromi dengan keadaan, kapan kita harus mengikuti passion?

Beberapa orang menganggap berbisnis dengan passion hanya bersifat jangka pendek. Namun, ada juga yang beranggapan bahwa passion menjadi dorongan atau motivasi positif yang akan berdampak pada kehidupan jangka panjang yang nantinya akan membawa kesuksesan.

Without any further do, yuk kita bahas apa saja tips dan serba-serbi berbisnis sesuai passion

Coba perdalam dan renungkan passion tersebut

Apakah benar passion ini milik kamu? 

Passion adalah hal yang kamu sukai dan aktivitas yang tidak akan membuat kamu bosan atau lelah. Jadi jangan sampai kamu hanya sekedar menggandrungi sesaat, hal itu akan membuat bisnis kamu tidak bertahan lama.

Dukung dengan Pengembangan diri

Meskipun berbisnis sesuai dengan passion, namun tetap harus didukung dengan bakat kemampuan dan pengembangan diri. Akan sangat disayangkan jika bisnis gagal hanya karena kurang ilmu atau kurang informasi.

Dengan kata lain, semua orang ingin sukses dalam berbisnis namun kenyataannya hanya sebagian orang yang mau merealisasikannya.

Bergabung dengan Komunitas sesuai passion

Supaya passion kamu berkembang, kamu bisa gabung di komunitas yang sesuai. Dengan begitu passion kamu akan selalu terasah dan banyak hal-hal baru yang bisa menambah insight dan ilmu kamu.

Bergabung dengan komunitas juga akan menambah jaringan atau koneksi, itu akan membuat bisnis kamu mudah berjalan di kemudian hari.

Sesuaikan dengan pasar

Memang kamu berbisnis sesuai dengan passion mu, tapi jangan lupa bahwa bisnis adalah tentang manusia. Apakah produk yang kamu buat sesuai dengan apa yang butuhkan?

Saat memulai bisnis kamu tetap harus menentukan Buyer Persona atau manusia-manusia yang akan menjadi target pasar. Seperti bagaimana aktivitas mereka, apa hobi mereka. Dengan begitu kamu tidak hanya bekerja sesuai dengan passion, namun juga memberikan solusi.

Kumpulkan modal untuk buka usaha

Agar passion bisa menjadi bisnis yang sustainable atau bertahan lama, kamu harus mulai memikirkan modal yang akan digunakan sehingga kamu bisa menjalankan bisnis itu dengan lancar.

Plus Minus berbisnis sesuai Passion

Memang ada orang yang sukses berbisnis dengan mengandalkan passion tapi jika harus realistis, bicara bisnis adalah bicara peluang. Ada saat di mana kita perlu berkompromi dengan keadaan. Passion akan muncul dengan sendirinya saat bisnis tersebut mulai berjalan dan memberikan keuntungan.

Dengan menentukan target pasar yang tepat, berjualan apa saja pasti laku, asal fokus di marketingnya. Yang menjadi nilai plus berbisnis sesuai passion adalah saat menjalankannya selalu dalam semangat yang besar. Ketika mengerjakan apapun sesuai passion, biarpun saat down atau sepi tetap saja ada semangat mencari cara bagaimana agar kembali untung.

Oke, inti dari pembahasan ini adalah baik kamu menjalankan bisnis sesuai dengan passion atau sesuai dengan kebutuhan pasar, yang terpenting adalah kamu tetap harus riset apa yang terjadi di dunia bisnis, jangan sampai karena bisnis ini adalah passion kamu, kamu jadi tidak peduli dan berjalan salah arah. Dan satu lagi yang tidak kalah penting adalah tekun dan tidak mudah menyerah.

Jika kamu ingin tips lain, kamu bisa cek blog Digitumo di Digitumo.com. Don’t miss out!

Leave a Reply