fbpx
cara pasang iklan di instagram

Panduan Instagram Ads untuk Pemula: Pengertian, Cara Pasang, Hingga Biaya Iklan

Apakah kamu pernah melihat iklan merek sepatu favorit atau makanan kesukaanmu di Instagram? Kok bisa sih Instagram tahu?

Di era social media saat ini, media periklanan sudah semakin canggih. Kamu bisa menargetkan iklan hanya kepada audiens yang memiliki minat terhadap produkmu saja, lho! Nah, biar bisnismu gak kalah saing, yuk pelajari Instagram Ads untuk pemula!

Pada panduan Instagram Ads khusus untuk pemula ini, kamu akan belajar mengenai pengertian Instagram Ads, cara kerjanya, apa saja tujuan yang bisa dipilih, pilihan tools Instagram Ads, cara pasang iklan di Instagram, hingga biaya iklan di Instagram. Selamat membaca!

Mau dapetin e-book yang bahas Instagram Marketing secara lengkap? Unduh di sini!

Apa Itu Instagram Ads?

Instagram Ads adalah suatu media beriklan dimana konten atau produkmu bisa menjangkau audiens dengan lebih luas. Dengan menggunakan Instagram Ads, kamu bisa menentukan iklanmu akan muncul pada target pengguna seperti apa, misalnya seperti usia, lokasi, hobi dan lain-lain.

Karena Instagram merupakan sosial media platform yang mengutamakan unsur visual maka dalam beriklan pun faktor visualisasi memiliki peran yang penting. Selain menggunakan gambar visual yang menarik, kamu juga bisa menggunakan video agar semakin menarik audiens.

Beragam Tujuan Instagram Ads

Hal pertama yang perlu kamu ketahui untuk menjalankan Instagram Ads adalah tujuan dari iklan yang kamu buat. Kamu bisa membuat iklan di Instagram untuk berbagai tujuan.

Instagram Ads sudah menyediakan pilihan objektif atau tujuan dari iklan yang kamu buat. Masing-masing objektif akan memberikan hasil yang berbeda. Ini adalah daftar objektif yang tersedia pada Instagram Ads:

  • Brand awareness: fokus membangun awareness dengan menampilkan iklan secara berulang kepada audiens potensial.
  • Reach: iklan yang bertujuan untuk menjangkau audiens seluas-luasnya.
  • Traffic: tujuan utamanya adalah mendapatkan kunjungan website sebanyak-banyaknya.
  • Engagement: jika kamu ingin iklanmu mendapatkan interaksi yang besar maka gunakan objektif ini.
  • Video views: iklan akan ditampilkan kepada audiens yang suka melihat video iklan di Instagram.
  • Lead generation: cocok untuk kamu yang sedang mengumpulkan data prospek konsumen.
  • Conversions: Instagram Ads akan mengoptimalkan iklanmu kepada audiens yang berpotensi melakukan pembelian.
  • Store visits: kamu bisa gunakan objektif ini jika bisnismu punya offline store.
  • App installs: objektif khusus untuk iklan aplikasi, gunakan untuk mengajak audiens mengunduh aplikasimu.

Pilihan Tools untuk Instagram Ads

Sebelum membahas bagaimana cara beriklan di Instagram Ads, kenali dulu apa saja pilihan tools untuk membuat iklan di Instagram. Kamu bisa membuat iklan di Instagram Ads dengan menggunakan 2 tools, yaitu Facebook Business Manager atau langsung di aplikasi Instagram.

Facebook Business Manager adalah official tools yang disediakan untuk mengelola akun bisnis di Facebook dan Instagram, terutama untuk menjalankan iklan. Tools ini hanya bisa diakses melalui desktop dan sistem pengaturannya cukup rumit karena didesain untuk para expert.

Kalau kamu masih pemula maka disarankan untuk menjalankan iklan melalui aplikasi Instagram secara langsung. Tampilan yang praktis lewat smartphone dan pengaturan yang mudah sangat cocok untuk pemula. Kamu akan lebih mudah untuk mempelajarinya diawal.

Baca juga: Kuasai 9+ Tools Digital Marketing Ini Untuk Jadi Digital Marketer Handal!

Cara Pasang Iklan di Aplikasi Instagram

1. Masuk ke Profil Instagram Bisnis

Langkah paling awal sebelum membuat iklan melalui aplikasi Instagram adalah pastikan akun Instagram kamu telah di setting menjadi akun Instagram bisnis. Berikut tahapan untuk membuat akun Instagram menjadi akun bisnis:

  • Log In ke akun Instagram biasa yang sudah terdaftar. Jika belum punya, kamu bisa buat dulu ya.
  • Pada halaman profil, buka menu pengaturan dan pilih submenu Akun. Scroll ke bagian bawah dan klik “Beralih ke akun profesional/switch to professional account.
  • Pilih kategori bisnismu, lalu isi data kontak, email, dan alamat bisnis pada formulir yang tersedia.
  • Hubungkan ke akun Facebook Page. Jika belum punya, disarankan untuk membuatnya terlebih dahulu sebelum membuat akun Instagram Bisnis. Tahapan ini opsional, namun disarankan kamu melakukannya.

Ketika akun Instagram kamu sudah beralih menjadi akun bisnis maka akun tersebut tidak bisa di privat. Akun Instagram bisnis juga hanya bisa terhubung dengan satu akun Facebook Page saja.

2. Pilih Konten

Langkah kedua, pilih konten yang akan kamu iklankan di Instagram. Pilihlah salah satu konten Instagram yang paling menarik dan paling banyak interaksinya untuk Kamu iklankan. Jika Kamu rasa belum ada konten yang sesuai maka kamu bisa membuatnya terlebih dahulu lalu meng-upload-nya ke akun Instagram bisnis kamu. 

Jangan lupa perhatikan copywriting agar audiens tertarik dengan dengan iklanmu. Setelah kamu memilih konten yang akan diiklankan, klik tombol “promosikan” pada bagian kanan bawah.

Baca Juga: Tips Menjual Lewat Tulisan dengan Copywriting

3. Tentukan Goals Iklan

Langkah ketiga adalah menentukan tujuan iklan. Pada halaman pengaturan yang pertama, kamu akan diberikan pilihan kemana iklanmu akan mengarahkan target audiens. Apakah ke halaman profile akun bisnis, situs web, atau etalase.

Ketika memilih “Profil Kamu” maka target audiens akan diarahkan ke akun Instagram bisnis agar mereka dapat melihat-lihat konten yang telah kamu upload. Pilihan ini sangat cocok jika tujuan iklan untuk mengenalkan produk, melakukan branding dan mendapatkan followers

Pilihan selanjutnya yang diberikan oleh Instagram Ads adalah “Situs Web Kamu”. Jika Kamu memilih ini maka target audiens akan diarahkan ke website. Kamu bisa menggunakan link yang mengarah ke halaman produk atau artikel untuk ditautkan pada iklan.

Pilihan terakhir adalah “Etalase Kamu” yang bertujuan agar audiens langsung melakukan tindakan seperti “telepon sekarang”, “beli sekarang” dan lain-lain. Pilihan ini sangat cocok jika tujuan Kamu beriklan adalah untuk langsung mendapatkan calon customer.

4. Target Audiens

Langkah keempat, atur target audiensmu. Pada tahapan ini kamu akan diberikan dua pilihan pengaturan target audiens yaitu “otomatis” dan “buat milik sendiri”. 

Jika Kamu memilih “otomatis” maka Instagram akan secara otomatis menargetkan iklan kepada orang-orang yang serupa dengan followers akun Instagram kamu, serta mereka yang pernah berinteraksi atau tertarik melihat-lihat isi konten akun Instagram bisnis kamu.

Selanjutnya, jika kamu memilih “buat milik sendiri” maka kamu akan diarahkan menuju halaman pengaturan audiens. Pilih lokasi target audiens, minat, serta usia dan jenis kelamin. Penting untuk melakukan riset target audiens sebelum menjalankan iklan. Setelah kamu melakukan setting pada bagian ini maka akan muncul jumlah potensi orang yang dapat dijangkau oleh iklan.

5. Biaya Iklan di Instagram

Setelah selesai menentukan target audiens, kini saatnya kamu untuk menentukan biaya iklan di Instagram bisnismu. Kamu bisa memilih anggaran dana mulai dari Rp 10.000 per hari hingga Rp 10.000.000 per hari. Jumlah biaya iklan di Instagram akan sangat mempengaruhi jumlah audiens yang akan melihat iklan kamu. 

Misalkan, kamu memberikan anggaran Rp 10.000 per hari maka total audiens yang dapat di jangkau berkisar 1.300 hingga 3.400 orang. Namun bila kamu memberikan anggaran Rp 50.000 per hari maka total audiens yang terjangkau berkisar 7.900 hingga 21.000 orang.

Selain anggaran dana, kamu juga harus menentukan berapa lama durasi iklan akan tayang. Kamu bisa memilih durasi penayangan mulai dari 1 hari hingga 30 hari.

Bila kamu masih pemula dalam menjalankan Instagram Ads, buatlah beberapa iklan dengan pilihan nilai anggaran harian yang kecil dan durasi sedikit panjang (minimal 5 hari). Selain sebagai tahap awal untuk belajar menjalankan iklan, hasil dari iklan pertama ini juga akan berguna untuk menentukan konten iklan atau target audiens mana yang paling optimal memberikan hasil.

6. Review Hasil Preview Iklan

Jika Kamu sudah berada di halaman terakhir pengaturan Instagram Ads, artinya iklanmu hampir 80% sudah siap dijalankan. Halaman ini akan menampilkan secara detail hasil setting dan preview tanpilan iklan yang akan dijalankan.

Kamu juga akan diminta untuk memilih metode pembayaran yang akan kamu gunakan. Saat ini ada dua pilihan metode pembayaran yang telah disediakan oleh Instagram yaitu menggunakan kartu kredit atau debit.

Jika semua hasil setting iklan sudah sesuai, maka pilih “buat promosi”. Iklan Instagram pertamamu akan segera berjalan setelah di-review oleh Instagram. Selamat menunggu!

Simpulan

Sejauh ini apakah kamu sudah mengerti cara membuat iklan di akun Instagram? 

Beriklan di social media sudah menjadi kebutuhan karena jumlah penggunanya yang begitu banyak. Hampir semua sosial media sudah memiliki layanan beriklan agar para penggunanya dapat menjangkau lebih banyak audiens. 

Berbicara masalah iklan tentu saja Instagram dan Facebook menjadi yang paling digemari oleh para pebisnis. Beriklan pada sosial media Instagram dan Facebook memberikan kamu banyak kemudahan untuk mencari konsumen baru maupun membangun brand awareness.

Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sumber belajar untuk bisa memulai mengiklankan bisnismu. Jangan lupa kunjungi artikel Digitumo lainnya untuk mendapatkan konten edukasi bermanfaat seputar digital marketing dan bisnis online.