fbpx

Buat Artikel SEO yang EAT-able Agar Kontenmu Lebih Terpercaya!

Artikel SEO

Menulis konten bukan hal yang mudah untuk dilakukan, meskipun membutuhkan banyak waktu dan tenaga, konten yang baik akan berbanding lurus dengan hasil yang baik pula.

Sebaliknya, jika kita memilih untuk menulis dengan asal-asalan maka itu akan menjadi boomerang bagi kita dan hanya akan membuang-buang waktu.

Maka sebagai Digital Marketer penting membuat konten yang menarik dan berkualitas untuk meningkatkan peringkat SEO, traffic dan lead. Mari kita lihat langkah yang harus kita perhatikan dalam membuat konten EAT untuk SEO website-mu.

Apa Maksudnya Artikel SEO yang EAT-able?

Konten EAT-able adalah konten yang berkualitas dan sesuai dengan guidline yang diberikan oleh Google untuk meningkatkan performa SEO website.

EAT bisa kita jabarkan menjadi Expertise, Authoritative, dan Trusted. Berikut tiga kriteria website yang EAT-able :

konten eat

Expertise (Keahlian)

Memiliki konten yang lengkap, komprehensif, detail tapi tidak bertele-tele. Ekspertise ini juga dapat dijabarkan sebagai keahlian kita dalam menulis konten, memang bukan hal yang mudah, jika kita banyak berlatih maka konten yang ekspertise akan mengikuti.

Authoritative (Otoritatif)

Apakah kita berhak untuk menuliskan konten tersebut? Jika kita mengutip tulisan seseorang maka jangan lupa untuk mencantumkannya menjadi sumber.

Ketika membuat konten yang authoritative maka pengalaman dalam membuat konten tersebut sangat diperhatikan, setelah itu cek review dari pembaca.

Trustworthiness (Kepercayaan)

Website dapat dipercaya, setelah kita membuat isi konten yang authoritative maka bagaimana dengan tampilan blog nya? Blog akan menjadi kurang berkualitas jika isi blog ditulis oleh expert namun template yang digunakan asal-asalan.

Contoh brand yang sudah EAT-able adalah ketika kita menyebut tentang suatu bidang maka brand tersebut akan muncul pada pikiran konsumen.

Contohnya adalah ketika kita memikirkan tentang travel atau destinasi maka yang muncul pertama adalah Traveloka. Begitupun juga dengan pendidikan, maka yang akan muncul adalah Ruang guru.

Baca Juga: 10 Tips Menulis Kreatif Agar Blog Bisnismu Semakin Menarik

Cara Membuat Konten yang EAT-able

Setelah kita mengetahui EAT-able itu apa dan apa saja kriterianya, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membuat konten yang EAT-able? Berikut penjelasannya :

1. Identifikasi Top Kompetitor

Setiap blog pasti mempunyai kompetitor. Maka cari kompetitor yang sejenis dengan blog mu dan buat google sheet atau microsoft excel untuk mempermudah prosesnya. Analisa hal-hal dibawah ini :

  • Judul
  • Deskripsi
  • Isi menu utama
  • Contact
  • Unique balu
  • Fitur

2. Mengetahui Isi Konten Kompetitor

Setelah mengetahui fitur-fitur web kompetitor maka kamu juga perlu melihat isi kontennya. Dengan membaca isi kontennya maka kamu akan mengetahui poin-poin apa saja yang bisa dijadikan referensi untuk blog mu.

3. Buat Konten yang Lebih Lengkap dan Menarik

Setelah menganalisa web kompetitor maka buat konten yang lebih menarik dengan fitur dan isi yang sudah kamu pelajari melalui web kompetitor. Kamu bisa terapkan tips ini untuk membuat konten mu lebih menarik :

Fokus ciptakan Headline yang menarik. Headline yang baik akan mengundang pembaca untuk melihat blog kita. 80 persen orang akan membaca headline Anda, tapi hanya 20 persen dari orang tadi akan membaca seluruh isi konten Anda. Ini yang membuat headline Anda sama pentingnya dengan artikel itu sendiri.

Bisa memberikan jawaban. Artikel blog yang berkualitas harus dapat membuat pembaca menemukan jawaban yang diinginkan. Maka penting jika keyword yang kita gunakan relevan pada artikel yang kita buat.

Berkomunikasi lebih baik dengan gambar dan video. Tentunya kita semua tahu bahwa pembaca di Indonesia lebih tertarik melihat video dan infografis daripada hanya membaca artikel. Maka pastikan artikel kita berwarna dengan menambahkan infografis dan video.

Baca Juga: Kenali Teknik Storytelling ABT Agar Strategi Marketingmu Jadi Lebih Asyik

Menganalisa Performa Konten

Setelah kita membuat konten, maka bagaimana kita mempertahankan konten kita agar selalu menarik peembaca? Maka hal penting yang perlu kta lakukan adalah selalu mengontrol dan menganalisa performan konten yang sudah kita buat.

Berikut matriks yang bisa memberikan insight performa koten kamu :

  1. Traffic, traffic adalah pengunjung yang masuk ke bisnis kita, berapa orang yang berkunjung, berapa yang membaca artikel. Maka data yang kita perlukan adalah berapa banyak pengunjung yang melihat artikel kita mulai dari harian hingga bulanan, ketahui juga berapa lama pengunjung berada di website kita. Kamu bisa menggunakan google analytics, similar web, tools analitik untuk menganalisa traffic website kamu.
  2. Leads, leads adalah seseorang yang tertarik terhadap apa yang sudah kita tawarkan, biasanya mereka sudah memberikan informasi data diri sehingga kita bisa menghubunginya lebih lanjut.

“ Content marketing itu maraton bukan sprint “

Anonim

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing? Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Cara Membuatnya

Nah, bagaimana? Sekarang sudah ada gambaran kan bagaimana cara membuat konten EAT-able yang menarik untuk SEO website. Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sumber belajar untuk bisa memulai content marketing kalian.

Jika kalian ada kritik maupun saran jangan sungkan untuk isi kolom komentar atau langsung DM di instagram Digitumo di @digitumo.id . Bye! Sampai jumpa di topik selanjutnya

Leave a Comment

Your email address will not be published.