Apa itu Google Analytics? Yuk Kenalan dengan Tool Ajaib Ini

You are currently viewing Apa itu Google Analytics? Yuk Kenalan dengan Tool Ajaib Ini

Apa kamu pernah mendengar apa itu Google Analytics? Bagi penggelut Digital marketing, Google Analytics pasti sudah tidak asing lagi.

Google Analytics merupakan salah satu tool yang bisa digunakan untuk mengalisa peforma website. Apa saja fungsi Google Analytics :

Fungsi Google Analytics

  • Kamu bisa melihat berapa banyak pengunjung yang mengunjungi website kamu.
  • Dimana lokasi pengunjung website kamu.
  • Website apa yang mengarahkan traffic ke website kamu.
  • Page mana diwebsite kamu yang paling populer.
  • Berapa banyak pengunjung yang sudah terkonversi menjadi lead atau kostumer.
  • Bagaimana cara meningkatkan website.
  • Konten blog seperti apa yang paling disukai web pengunjung kamu.
  • Apa kamu memerlukan website yang mobile-friendly.

Melalui beberapa fungsi diatas kamu bisa dengan mudah menentukan tujuan dari penggunaan Google Analytics mu, jadi jangn sampai salah tujuan ya..

Manfaat Google Analytics untuk Bisnis

Sesuai dengan fungsinya, beberapa fitur dalam Google Analytics sangat membantu dalam kinerja websitemu. Sekarang kita bahas yuk apa saja manfaat dari fitur-fitur yang sudah disiapkan oleh Google Analytics :

  1. Hampir semua pengguna internet mempunyai data atau identitas diri. Contohnya : Jenis perangkat yang digunakan, aktivitas atau kebiasaan, lokasi, umur dan jenis kelamin. Data-data seperti inilah yang akan kita lihat dan gunakan untuk mengenali para costumer.
  2. Jadi fungsi utama dari Google Analytics yang akan kita pasang di website kita adalah untuk mendapatkan dan mengetahui informasi yang berhubungan dengan pengunjung website kamu dan juga kegiatan pengunjung pada sebuah halaman website kamu.
  3. Google Analytics juga membantu untuk mengumpulkan segala macam hal yang berhubungan dengan kinerja Search Engine Optimization atau yang sering di sebut dengan SEO pada website.
  4. Gratis dan Bisa digunakan oleh para pemilik website. Meskipun ini gratis fiturnya hampir sama dengan fitur berbayar.
  5. Bisa memberitahu kamu bagaimana pengunjung website bisa menemukan website kamu.
  6. Mampu mengidentifikasi halaman dan link yang mana yang paling sering di klik dan di kunjungi oleh para pengunjung website kamu.

Fitur ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan data-data yang kamu butuhkan, 

Setelah mengetahui fungsi dan manfaat Google Analyitics yang bisa mempermudah proses analisa dan mengenal cara kerja website kamu. 

Sekarang saatnya kamu mengenal Google Analytics lebih jauh, ada beberapa istilah populer dalam Google Analytics yang harus kamu ketahui, dengan mengetahui istilah ini penggunaan Google Analyics akan lebih mudah.

Istilah – istilah dalam Google Analytics

1. Metrik dan Dimensi 

Google Analytics dapat menggunakan metrik dan dimensi. Dengan adanya metrik kamu bisa mengetahui data berupa angka mengenai jumlah pengunjung website kamu, kapan waktu dan aktivitas apa yang dilakukan. 

Sedangkan dimensi digunakan untuk memperlihatkan data karakteristik pengunjung, tidak hanya pengunjung namun waktu dan juga aktivitas apa yang dilakukan oleh pengunjung.

2. Traffic Gadget pengunjung

Laporan ini menampilkan berapa pengunjung yang mengunjungi websitemu. Laporan ini dapat menampilkan traffic pengunjung mulai dari pengguna mobile, tablet ataupun desktop. Disini kamu juga dapat melihat perbandingan pengunjung sesuai dengan gedget yang digunakan.

3. Behaviour Overview Report 

Dengan ini kamu dapat melihat metrik page view, hasil statistiknya bisa dilihat pada halaman dimana pengunjung banyak melakukan kunjungan. Sehingga kamu bisa memastikan halaman mana yang menarik bagi pembaca saat berkunjung ke website kamu. 

4. Behaviour Flow Report

Istilah ini digunakan untuk menunjukkan alur pengunjung di website kamu, dengan begitu kamu bisa mengetahui bagaimana pengunjung mencapai atau mengeksplor website kamu. Apakah ada konten yang menarik yang bisa membawa pengunjungke website kamu. Ada beberapa tanda yang menunjukkan alur yang dilalui pengunjung, kotak hijau dan biru untuk melihat alur yang di eksplor di website, sambungan kotak untuk melihat alur dan volume halaman satu ke halaman lainnya, drop off warna merah untuk melihat pengunjung meninggalkan halaman sepenuhnya.

5. Acquisition Overview

Dengan Acquisition Overview kamu dapat melihat website kamu diakses darimana saja. Ada beberapa jalan sebelum pengujung-mengunjungi website kamu yaitu organic search, direct, social dan referal. 

Pada organic search kamu dapat melihat pengunjung yang datang melalui pencarian organic atau mesin pencari. Sedangkan direct adalah pengunjung yang mengetikkan alamat websitemu secara langsung. Yang ketiga adalah social, yaitu jumlah pengujung yang datang melalui alamat link yang berada di sosial media. Dan yang terakhir adalah referal, yaitu pengunjung yang datang melalui blog atau media lainnya, contohnya adalah guest post.

Tentunya masih ada beberapa istilah yang bisa kita pelajari. Contohnya adalah Page view metric untuk melihat jumlah halaman yang dibuka oleh pengunjung selama berkunjung, Bounce Rate Metric merupakan rasio yang digunakan untuk menunjukkan kenyamanan pengunjung. 

Kamu bisa mempelajari istilah-istilah lain yang belum dijelaskan pada artikel ini bebarengan dengan praketeknya. Nah untuk cara penggunannya kita akan bahas dilain artikel yaa. Semoga artikel diatas dapat membantu kamu untuk mengenal Google Analytics itu seperti apa. 

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar diartikel ini agar kami bisa membuat artikel yang lebih baik lagi. Jika kamu mau membaca artikel lain kamu bisa cek Blog Digitumo di Blog Digitumo . See ya in our next article!!

Leave a Reply