7 Ide Bisnis Online yang Menguntungkan dan Menjanjikan

  • Post category:Tips Bisnis
  • Reading time:6 mins read
You are currently viewing 7 Ide Bisnis Online yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Di masa pandemi seperti ini banyak orang yang mengalami kesulitan, mulai dari PHK massal, pengangguran semakin menjamur dan pedagang yang sepi pembeli. Sebagai orang awam kita bingung harus melakukan apa untuk mengembalikan kondisi ekonomi keluarga. Maka kita harus tahu usaha seperti apa yang bisa kita lakukan sekaligus menjadi cara efektif agar kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya namun tetap bisa berpenghasilan besar.

Di artikel ini kita akan membahas Ide Bisnis Online yang bisa kita terapkan sebagai alternatif bisnis konvensional. Simak beberapa contohnya :

Dropshipping

Inilah bisnis online tanpa modal pertama yang bisa kamu coba. Dropshipping adalah bentuk bisnis di mana kamu menjual produk orang lain. Penghasilan dropshipper berasal dari selisih harga, dari yang dibayarkan oleh pembeli, ke yang Anda bayarkan untuk supplier. Tak seperti reseller, Anda tak perlu menyimpan barang sebelum menjualnya lagi. Jadi, tak perlu repot membuat gudang sendiri.

Lalu, bagaimana sistemnya?

Anda cukup bekerja sama dengan supplier, lalu memasarkan produk mereka. Bisa melalui website, media sosial dan lainnya. Nah, pada saat pembeli menginginkan suatu barang, Anda menerima uang dari pembeli. Lalu, Anda membayarkan uang tersebut kepada supplier sesuai harga barang dan meminta supplier untuk langsung mengirim barang tersebut kepada pembeli.

Contoh Dropshipper :

  • Sahabat Dropshipper
  • Yuk Dropship
  • dan lainnya.

Pilihan jenis produknya juga beragam. Mulai dari fashion dan kosmetik hingga produk kerajinan tangan.

Jasa Desain Grafis

Seperti halnya dalam hal penulisan, keahlian desain grafis sangat diperlukan oleh dunia bisnis. Contohnya, desain logo, desain kemasan produk, desain brosur dan lainnya.

Jasa desain grafis
https://jasadesain.co.id/

Membuka jasa desain grafis bisa menjadi ide bisnis online bagi kamu yang memiliki skill desain yang tinggi. Apalagi pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah atau remote.

Untuk mendapatkan konsumen, kamu bisa juga bergabung ke platform freelancer. Di Indonesia, ada Sribu.com yang menjadi salah satu marketplace desain grafis terbesar. Jika ingin menjajal pasar luar negeri, 99designs bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Namun, kamu tetap perlu membangun reputasi online melalui sebuah website portofolio. Inilah yang akan menjadi bukti keahlian desain Anda. Selain itu, calon klien tidak akan ragu lagi menggunakan jasa Anda setelah mengetahui hasil karya desain yang ditampilkan.

Copywriter

Kami percaya menulis itu mudah. Tetapi menulis tulisan yang enak dibaca dan mampu mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu itu yang sulit. Jika kamu punya kemampuan seperti ini, maka ide bisnis online yang menguntungkan dan menjanjikan sebagai copywriter cocok untuk Anda eksekusi.

Copywriter adalah orang yang membuat copywriting. Copywriting sendiri bertujuan untuk membangun kesadaran calon pembeli terhadap suatu produk atau bisnis melalui tulisan.

Teknisnya dengan menjelaskan atau mengkomunikasikan penawaran kepada calon pembeli dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. Selain itu dengan copywriting bisa membuat orang yang membaca menjadi tertarik dan muncul keinginan untuk membeli.

Untuk memulai bisnis online sebagai seorang copywriter Anda hanya cukup bermodalkan kemampuan menulis. Sedangkan untuk memasarkannya Anda bisa menggunakan sosial media atau melalui situs freelance.

Salah satu contoh jasa Copywriter adalah :

Membuat Toko Online

Kondisi saat ini membuat masyarakat terbatas aktivitasnya. Padahal, kebutuhan sehari-hari harus tetap terpenuhi, dari makanan hingga alat mandi dan berbagai 

Dengan kondisi ini, membuka toko online dengan layanan antar merupakan ide bisnis online menjanjikan. Terutama, dengan pangsa pasar konsumen di kota-kota besar. 

Toko Online
https://www.brambang.com/

Membuat website toko online tidaklah sulit. Cukup diawali dengan membeli hosting dan domain, lalu memilih platform website toko online. Selanjutnya, Anda bisa mulai memasang beragam produk yang dijual dalam tampilan etalase yang menarik.

Jangan lupa untuk menggunakan strategi bisnis yang menarik pembeli. Contohnya untuk toko sayur online, Anda bisa menjual sayur dalam bentuk paket masakan, alih-alih menjual terpisah. Misalnya, paket sayur asem, paket sayur sop, dan lainnya.

Promosi toko online Anda bisa dilakukan melalui media sosial. Anda juga bisa membangun blog yang menghubungkan dengan toko online Anda. Tujuannya, untuk lebih banyak menarik pembeli datang. Bisnis online ini membutuhkan investasi yang kecil, tapi menjanjikan hasil yang menguntungkan.

Freelancer

Bisnis online yang menjanjikan dan menguntungkan berikutnya adalah dengan menjadi seorang freelancer. Freelancer berarti pekerja lepas atau dengan kata lain tidak ada keterkaitan antara pihak pekerja dan yang mempekerjakan. Begitu pekerjaan selesai, seorang freelancer kemudian dibayar sesuai dengan apa yang dia kerjakan atau sesuai dengan kesepakatan.

Untuk menjalankan bisnis online sebagai seorang freelancer ini ada banyak sekali peluang yang bisa Anda ambil. Mulai dari translator, input data, membuat logo dan desain grafis hingga membuat software. Dan enaknya lagi, dengan memulai bisnis online sebagai seorang freelancer ini Anda tidak perlu keluar uang dan tidak perlu keluar rumah untuk bekerja.

Modalnya hanyalah skill yang Anda punya. Kalau Anda punya kemampuan bahasa asing, maka Anda bisa memulai bisnis online sebagai translator. Kalau Anda punya kemampuan menulis dengan cepat, Anda bisa memulai bisnis online dalam bidang input data.

Selain itu Anda juga perlu bergabung ke platform freelance untuk mendapatkan job. Beberapa platform yang bisa Anda coba antara lain :

Di Indonesia ada cukup banyak anak muda yang memulai bisnis online nya dengan menjadi seorang freelancer. Setelah cukup lama sebagai seorang freelancer kemudian membuka bisnis agensi yang juga mempekerjakan para freelancer.

Menjadi Blogger

Begini penjelasannya. Ketika kamu memiliki blog, kamu tentu akan menulis konten yang tidak hanya menarik tapi juga bermanfaat. Lalu, pengunjung akan datang ke blog kamu untuk mendapatkan informasi berkualitas yang mereka perlukan.

Semakin banyak pengunjung datang, semakin besar penghasilan yang akan kamu dapatkan. Dari mana? Banyak sumbernya.

Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan. Contohnya dengan bergabung ke platform Google Adsense. Selain itu, tak jarang bisnis yang berani membayar kamu untuk menulis sponsored post. Dan, masih banyak cara lain seperti afiliasi atau menjual produk digital kamu sendiri. Yang tak kalah menarik, kamu bisa memulai bisnis ini tanpa modal sepeserpun.

Membangun Channel Youtube

Jika kamu masih menganggap YouTube sekedar sarana hiburan? Pikirkan lagi. Kenyataannya, YouTube bisa menjadi ide bisnis online tanpa modal yang sangat menjanjikan. Bahkan, seorang YouTuber bisa mendapatkan uang hingga puluhan juta rupiah per bulan dari channel YouTube miliknya. Bagaimana caranya?

Kamu cukup membuat konten bermanfaat dan melakukan monetizing. Sumber penghasilan YouTube bisa dari iklan, afiliasi maupun penjualan produk kamu sendiri. Apa konten yang bisa kamu buat untuk menarik pengunjung? Cukup banyak pilihan, mulai dari gosip artis, tutorial makeup hingga informasi berita dan review produk. 

Membangun channel YouTube memang membutuhkan proses. Namun, jika pengunjung dan subscriber kamu meningkat, jumlah uang yang bisa kamu hasilkan juga cukup menjanjikan. 

Nah, bagaimana? Sekarang sudah ada gambaran kan ide-ide bisnis online yang bisa kamu coba.  Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sumber belajar untuk bisa memulai bisnis online kalian. Jika kalian ada kritik maupun saran jangan sungkan untuk isi kolom komentar atau langsung dm instagram Digitumo di @digitumo.id. Bye! Sampai jumpa di topik selanjutnya.

Leave a Reply