Ingin Jadi Digital Marketer? Berikut 5 Skill yang Harus Kamu Kuasai

You are currently viewing Ingin Jadi Digital Marketer? Berikut 5 Skill yang Harus Kamu Kuasai

Pertumbuhan teknologi dan internet saat ini menjadi suatu faktor perkembangan digital marketing dalam sebuah bisnis.

Digital marketing merupakan suatu proses untuk mempromosikan suatu produk atau jasa menggunakan media digital (online) seperti website toko online, social media marketing, email marketing, atau content marketing.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang ingin menjadi seorang digital marketer

Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, ada 5 skill yang harus kamu miliki:

  1. Content Marketing

Konten yang dimaksud di sini bisa berupa blog, video, podcast, infografis, gambar dan bahkan status di media sosial. Kampanye branding atau iklan tak akan berjalan maksimal tanpa konten yang berkualitas.

Baik website maupun media sosial membutuhkan konten untuk menghasilkan traffic dan menarik perhatian publik. Karena, followers atau calon pelanggan tidak akan mengerti tentang produk dan jasa kamu tanpa adanya dari informasi yang disampaikan melalui konten

  1. Creative Thinking

Memiliki ide-ide yang inovatif dan out of the box sangat penting dimiliki di zaman yang sangat cepat perubahannya. Maka sebagai digital marketer kita harus bisa menghasilkan ide yang unik dan lain daripada yang lain. Dengan begitu campaign kita akan menarik konsumen.

  1. Social Media Active

Tidak dapat dipungkiri, social media merupakan komponen penting dalam channel digital marketing. Oleh karena itu, untuk menjadi digital marketer handal, wajib hukumnya untuk dapat aktif dan menguasai kemampuan social media dengan baik. Mereka harus mampu menyusun strategi untuk memperluas jaringan pemasaran melalui social media. Selain itu, social media juga berperan penting untuk memperluas leads bisnis produk yang kita tawarkan.

  1. Team Work

Kamu harus memiliki skill analisa yang tajam jika ingin menjadi digital marketer. Skill ini sangat penting karena kamu harus bisa menganalisis setiap kegiatan promosi yang dilakukan. Selain itu kamu juga harus bisa menganalisa konten seperti apa yang dapat meningkatkan konversi penjualan, baik dari website, maupun dari platform media sosial.

Untuk jangka panjang, skill ini juga dibutuhkan untuk memberikan prediksi langkah dan kebutuhan yang harus diambil beberapa tahun ke depan.

  1. Analytics 

Menurut Forbes, hanya 22% pemasar yang mengaku bahwa upaya pemasaran mereka mencapai hasil yang signifikan. Di sisi lain, bagaimana perusahaan bisa mengetahui keberhasilan upaya pemasaran jika kamu sendiri tidak mengerti parameter dan hasil yang ada?

Hasil data analisis memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan tertentu. Misalnya saja data traffic website, jumlah kampanye yang sukses, berbagai macam presentasi dan lainnya. Kunci untuk mengerti analytics adalah mengetahui cara membaca data yang dikumpulkan dan mengukurnya dengan parameter tertentu untuk meningkatkan kualitas kampanye iklan berikutnya.

Perusahaan tidak akan mau mengeluarkan biaya pemasaran jika memang upaya tersebut tidak efektif secara statistik. Skill untuk menganalisa data ini pada dasarnya untuk memaksimalkan iklan atau kampanye yang efektif sehingga mengoptimalkan ROI (Return Of Investment).

Skill ini harus kamu kuasai bersamaan dengan SEM karena keduanya saling berhubungan dalam pengerjaannya.

Jadi, gimana? Sudah siap untuk mengembangkan bisnismu? Hal terpenting yang harus kita perhatikan adalah jangan pernah lelah untuk berlatih dan jangan malu untuk mencoba. Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sumber belajar untuk bisa memulai bisnis online kalian. Jika kalian ada kritik maupun saran jangan sungkan untuk isi kolom komentar atau langsung dm instagram Digitumo di @digitumo.id atau cek artikel lain di web Digitumo di Digitumo.com. Bye! Sampai jumpa di topik selanjutnya.

Leave a Reply