5 Pertanyaan Penting Bagi Pebisnis Untuk Interview Karyawan

  • Post category:Tips Bisnis
  • Reading time:3 mins read
You are currently viewing 5 Pertanyaan Penting Bagi Pebisnis Untuk Interview Karyawan

Bagi kamu yang baru masuk ke dunia wirausaha atau bisnis, pasti sering mengalami kebingungan pertanyaan seperti apa yang akan kamu ajukan saat interview ke calon karyawan. Ada beberapa pertanyaan yang memang sengaja disiapkan agar kamu dapat mengetahui kemampuan pelamar. 

Nah dalam artikel kali ini kami akan menyiapkan beberapa pertanyaan yang bisa kamu gunakan dan apa saja contoh jawaban yang tepat. Check It Out!

1. Apa alasan kamu memilih bekerja disini?

Pertanyaan ini diajukan agar pihak perusahaan mengetahui seberapa besar kontribusi yang ingin diberikan. Serta sejauh mana pengetahuan pelamar tentang perusahaan yang ingin dilamar.

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini adalah jawaban yang jujur dan positif sehingga kamu bisa merasa bahwa pelamar tersebut adalah karyawan yang ideal untuk bisnismu.

Misalnya, “Saya adalah orang dapat diandalkan, mampu bekerja dalam tim maupun sendiri, serta selalu berusaha keras untuk memberikan kontribusi yang positif. Untuk itu, saya memilih perusahaan ini karena memiliki visi dan misi yang sesuai dengan diri saya, dan yang saya harapkan.”

Dari contoh diatas tentunya harus ada kesamaan antara pelamar dengan perusahaan, apakah visi pelamar dan perusahaan match.

2. Gambarkan dirimu?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui karakter dasar pelamar. Karakter seorang pekerja merupakan aspek penting bagi perusahaan. Calon pekerja yang berkarakter kuat tentunya akan menarik perhatian pemberi kerja. Terutama jika karakter  sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

Misalnya yaitu jujur, pekerja keras, antusias, berkomitmen tinggi, mudah bekerjasama, komunikator yang baik, dan lain sebagainya.

3. Berikan gambaran pekerjaan yang akan dilamar?

Sangat penting untuk mengetahui posisi yang dilamar. Karena hal tersebut berkaitan dengan tugas yang akan dikerjakan. Perusahaan pasti enggan mempekerjakan orang yang tidak mengerti apapun tentang tugas-tugasnya. Karena hal tersebut berarti butuh waktu lebih lama untuk membuat pekerja baru beradaptasi dengan lingkungan perusahaan.

Oleh sebab itu, pastikan pelamar memberi jawaban yang tepat.

4. Berapa gaji yang diinginkan?

Pertanyaan ini memang cukup sulit untuk dijawab. Karena bisa jadi di posisi yang sama gaji yang diminta akan berbeda. Sehingga biasanya menentukan gaji membutuhkan pemikiran lebih.

Perhitungkan faktor-faktor seperti pengalaman pelamar dan tingkat kesulitan pekerjaan, bersikaplah rasional. Hargai pelamar sesuai dengan kemampuannya.

5. Terlalu berpengalaman!

Pertanyaan yang satu ini termasuk sebagai pertanyaan jebakan yang menguji seberapa besar ego jika mendapatkan sebuah pujian dari orang lain. Respons serta jawaban atas pertanyaan ini sesungguhnya dinilai karena mampu menunjukkan karakter seseorang yang sesungguhnya.  

Oleh sebab itu, jawaban rendah hati dan utarakan terima kasih atas pujian tersebut adalah salah satu hal yang penting. Karena pastinya kamu enggan mempekerjakan pegawai yang sombong. Karena karakter tersebut dapat menyusahkan untuk bekerjasama dengan pegawai-pegawai yang lainnya.

Bagaimana? Kamu tentu sudah memiliki gambaran bukan, pertanyaan seperti apa yang akan kamu berikan saat mendapat penjelasan seperti diatas? Semoga tips diatas dapat membantu kamu ya.

Jika kamu ingin membaca artikel menarik lainnya dari kami jangan lupa cek blog digitumo di Digitumo.com. Sampai Jumpa!

Leave a Reply